Pameran Otomotif

Kepoin Agya dan Agya GR Sport Terbaru di GJAW 2023

All New Astra Toyota Agya resmi dijual, silakan intip detail dan harganya di GJAW. TAM
All New Astra Toyota Agya resmi dijual, silakan intip detail dan harganya di GJAW. TAM

Autogear.id – Setelah world premiere LCGC All-New Agya dan model All-New Agya GR Sport bulan lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan harga resmi keduanya pada pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Toyota secara resmi membanderol harga Agya mulai dari Rp167 juta hingga Rp191 jutaan, sementara Agya GR Sport mulai dari Rp240 juta hingga Rp256 jutaan on the road (OTR) DKI Jakarta. 

“All-New Agya dan All-New Agya GR Sport memiliki peran masing-masing untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di segmen yang cukup berbeda. Pengembangan Agya difokuskan untuk memperkuat basic value sebuah model di segmen entry,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Sedangkan khusus Agya GR Sport, lanjut Anton, Toyota berikan value added berupa special tuning yang membuatnya lebih fun to drive untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty. “Kedua hatchback ini menjanjikan total package lebih baik dan menawarkan perfect value for money untuk sebuah exciting city car,” promonya, Jumat (10/3/2023). 

Agya dan Agya GR Sport memanfaatkan platform baru, memberi ruang untuk penggunaan mesin baru. Keduanya mengadopsi mesin 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi lebih tinggi pada 113 Nm. Improvement di RPM rendah memberi power agility lebih baik, tetap irit dengan konsumsi bensin rata-rata lebih dari 21 km/liter.

Baca Juga:
All New Daihatsu Ayla Resmi Dijual, Harganya Masih LCGC Cui!

Performa hatchback ini diperkuat transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio. Kejar akselerasi lebih cepat dan linear. Juga dibekali teknologi Active D Control yang bekerja lebih hening pada kondisi normal, menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap menyajikan akselerasi secara instan.

Tersedia dalam tipe E dan G, eksterior Agya dikembangkan untuk menciptakan kesan sporty, powerful, dan agresif. Berkat desain baru, Agya punya performa aerodinamika lebih baik dengan coefficient of drag 3 persen lebih rendah, mendongkrak kestabilan bermanuver.
 
Sisi depan tampil agresif berkat bumper desain tajam dan volume padat serta lebar. Kesan agresif diperkuat ketajaman desain LED headlamp, dan vertical LED illumination lamp. Agya tipe E menggunakan velg steel 14 inci, sementara tipe G sudah memakai velg alloy 14 inci. Agya punya audio dengan headunit 7 inci plus fitur mirroring. 

Koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Tilt steering serta Front & Rear Separated Head Rest sudah ada pada semua tipe. Sedangkan Digital AC, Steering Switch, dan Push Start Button tersedia di tipe G. Khusus tipe CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode, mengoptimalkan distribusi tenaga. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

Baca Juga:
Hanya Beda Rp1,5 Juta, Harga Resmi Omoda 5 Masih Menggiurkan?

Fitur safety Agya ditingkatkan dengan memperkuat elemen sasis dalam meredam efek tabrakan dari berbagai arah. Diameter teromol rem belakang ditambah, untuk dongkrak daya pengereman, disinergi dengan rem cakram depan dan penggunaan fitur ABS+EBD. Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. 

Dual Airbags, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) ada di semua tipe. Sementara Agya GR Sport dilengkapi aero kit yang meningkatkan aerodinamikanya. Penambahan down force membuatnya bisa stabil dan lincah bermanuver. Semakin stabil dan memikat, lewat penyematan GR-S 15-inch Machinery Alloy Wheel yang sporty.

Agya GR Sport juga didukung tuning pada bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio  lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber serta coil spring  lebih rigid. Ditopang penggunaan ban sport dengan handling responsif dan superior. Di dalam kabinnya tersemat beberapa sentuhan signature GR Sport, seperti ornament kelir dark silver pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan. Bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob.


(uda)