Gunakan Oli Mesin yang Sesuai, Bikin Kendaraan Panjang Umur?

Gunakan oli mesin yang sesuai, bikin kendaraan panjang umur? - Eneos
Gunakan oli mesin yang sesuai, bikin kendaraan panjang umur? - Eneos

Autogear.id – Oli atau pelumas mesin sebagai salah satu komponen penting, penjaga performa dan umur panjang mesin kendaraan. Berfungsi melumasi, melindungi dan mendinginkan komponen mesin dari gesekan dan aus berlebih. 

Gampangnya kita analogikan, pelumas mesin seperti darah pada manusia. Jika aliran darah lancar, jantung bekerja optimal. Ini menunjukkan betapa vitalnya fungsi pelumas mesin. Sehingga pemilik kendaraan harus memilihnya secara benar dan tepat.

Lebih lanjut perlu diketahui fungsi lain dari pelumas adalah menambah performa, merapatkan celah antara piston dengan silinder, serta meredam getaran dan suara. Berfungsi juga sebagai anti karat, dan mengurangi gesekan antar komponen, sehingga mempengaruhi usia pakai kendaraan.

Lewat beragam fungsi ini, pengguna harus benar-benar memilih pelumas yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, sewaktu memilih pelumas mesin:

1.Melihat Buku Panduan Kendaraan

Pertama adalah merujuk buku panduan resmi produsen kendaraan. Biasanya mencantumkan rekomendasi jenis pelumas yang sesuai. Berdasarkan riset dan pengembangan, untuk menentukan pelumas yang paling cocok dengan mesin kendaraan.

2.Perhatikan Kode Sertifikasi API dan SAE

Terdapat kode-kode yang mengacu pada jenis pelumas yang sesuai standar American Petroleum Institute (API) dan Society of Automotive Engineers (SAE). Semakin tinggi SAE, makin kental tingkat viskositasnya Sebaliknya Jika SAE semakin rendah, maka pelumas makin encer.

Memilih yang sesuai spesifikasi kendaraan, merupakan salah satu cara menghemat serta memperpanjang usia pakai. Satu dari sekian pelumas mesin yang cocok untuk mobil buatan Jepang maupun Eropa adalah Eneos X Series.

Memiliki dua jenis, Eneos X Prime, yaitu segmen pelumas premium. Serta Eneos X, merupakan rangkaian produk unggulan Eneos. Keduanya menggunakan 100% base oil full sintetik dan sertifikasi API (American Petroleum Standard) terbaru.

Eneos X Prime meningkatkan akselerasi kendaraan, mengurangi gesekan, dan kebisingan mesin hingga 32% pada 3.000 rpm. Cocok digunakan untuk mobil hybrid atau bermesin turbo. 

Sementara Eneos X Series dilengkapi aditif spesial Titanium dan Molybdenum. Dikembangkan khusus untuk memperpanjang umur, dan memberi perlindungan mesin dalam pola berkendara Stop n Go. Mencegah pula kondisi Low-Speed Pre-Ignition (LSPI). Pelumas ini untuk kendaraan middle high, LCGC, hingga bermesin turbo dan hybrid.

Keunggulan aditif Titanium adalah meningkatkan perlindungan, dan membentuk lapisan titanium pada permukaan komponen mesin hingga bagian terkecil, mengurangi terjadinya gesekan.

Sementara aditif Molybdenum membentuk lapisan film, di semua permukaan yang bergesekan. Memastikan komponen bekerja lebih lancar, menghindari kontak langsung antar permukaan logam, melindungi mesin dari keausan.

3.Membeli Produk dari Penjual Terpercaya

Pastikan membeli pelumas dari outlet terpercaya, agar terjamin keasliannya. Eneos dapat ditemukan di bengkel rekanan dan website resmi. Menggunakan pelumas asli, memastikan kualitas dan perlindungan sesuai kebutuhan kendaraan.


(uda)