Mobil Listrik

Wuling BinguoEV Wajib Masuk Daftar Mobil Incaran, Apa Sih Istimewanya?

Wuling BinguoEV mulai dilirik banyak orang, apa poin utama yang bikin menarik? Medcom-Uda
Wuling BinguoEV mulai dilirik banyak orang, apa poin utama yang bikin menarik? Medcom-Uda

Autogear.id - Penetrasi kendaraan listrik di pasar otomotif Indonesia, awal 2024 terbilang cukup masif. Beberapa merek besar dari kawasan Asia bahkan sudah mengumumkan kehadirannya untuk pasar otomotif Indonesia. Akhir tahun lalu bahkan Wuling Motors pun sudah menghadirkan tipe kendaraan listrik keduanya yang mengusung model retro klasik melalui BinguoEV.

Lalu apa yang menaik dari mobil ini? Autogear.id beberapa waktu lalu melakukan test drive dan mendapati banyak hal menarik dan rasanya sangat dibutuhkan oleh banyak orang saat akan bepergian menggunakan kendaraan listrik. Tak hanya soal jarak tempuh yang lebih jauh dan harga mumpuni lantaran mendapat subsidi, namun juga banyak fitur menarik yang ada di mobil tersebut.

"Kami melihat pasar kendaraan listrik di Indonesia memang menunjukkan kenaikan positif. Di segmen entry level, Kami sudah menghadirkan Air EV yang juga menjadi jagoan Kami di segmen itu. Sekarang ada versi yang lebih besar dan daya jangkaunya juga lebih jauh. Beberapa fitur yang disematkan di BinguoEV ini juga menjadi kebanggaan Kami lantaran tak terdapat di kendaraan lain di segmennya," ujar Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani beberapa waktu lalu.

Fitur-Fitur Menarik
Bisa dibilang pengalaman mengemudi pun terasa premium dengan beragam fitur pendukung yang fungsional. Mulai dari Smart Entry & Smart Start, Multifunction Steering Wheel yang dibalut Syntenthic Leather, layar ganda 10.25 inci TFT Dual Screen, 6-way Electric Adjustable Driver Seat, Cruise Control, Rear Parking Sensor and Camera, Electric Parking Brake, 4 Speakers, hingga Distinctive Rotary Gear Selector. 

Baca Juga:
Videotron Distop Tayang, Malah LED Truck AMIN Keliling Jakarta

Terdapat pula empat mode berkendara yang menjadikan perjalanan semakin nyaman, yaitu ECO, ECO+, Sport, dan Normal. Fitur-fitur penunjang keselamatan pun turut dihadirkan di kendaraan listrik terbaru Wuling ini, mulai dari Electric Parking Brake, Auto Vehicle Holding, Electronic Stability Control, ABS & EBD, TPMS, ISOFIX, dan 2 SRS Airbag.

Performa
Melihat sisi performa serta kapasitas baterai, BinguoEV dilengkapi motor listrik berdaya maksimal 50 kWh. Tenaga yang dihasilkan berasal dihasilkan melalui transmisi Single Reduction Gear ke roda belakang. BinguoEV juga didukung baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berstandar IP67 berkapasitas 31,9 kWh bagi tipe Long Range dengan jarak tempuh hingga 333 kilometer dan 37,9 kWh untuk tipe Premium Range yang dapat menjangkau jarak hingga 410 kilometer saat daya terisi penuh.

Penampakan
Tampil dengan desain yang kompak dan proporsional, mengusung dimensi yang mengoptimalkan ruang dan kenyamanan. Dengan dimensi 3,950 x 1,708 x 1,580 mm, kendaraan ini mencerminkan perpaduan yang harmonis antara gaya modern dan efisiensi bergerak. Eksterior BinguoEV sendiri memiliki desain yang timeless secara keseluruhan. 

Pada bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Shaped Grille. BinguoEV mengaplikasikan Impresive Two-Tone Body Color dan Water Splash Wheel Cap yang menciptakan tampilan elegan dengan kesan unik. Di sisi belakang, BinguoEV dilengkapi dengan X-Shaped LED Tail Lights dan Streamline Ducktail yang memberikan sentuhan modern serta futuristik.

Baca Juga:
Akui Bertahan di Tengah Tantangan, Ini Siasat yang Dilakukan Isuzu Indonesia

Dengan soft synthetic leather di bagian interior, kendaraan ini memberikan nuansa berkelas dan kenyamanan ekstra bagi pengemudi dan penumpang. Floating Island Center Console menambah sentuhan modern dan futuristik pada interior, memberikan kesan ruang yang lebih luas dan fungsional. Tidak hanya itu, kehadiran trims and ceramic glaze texture di beberapa bagian interior menunjukkan perhatian terhadap detail dan kualitas, menciptakan atmosfer yang elegan dan menyenangkan di setiap perjalanan.

Kabin dan Interior
BinguoEV juga menawarkan kabin yang lapang serta ruang penyimpanan yang luas dan mudah diakses. Pengemudi dan penumpang dapat dengan mudah mengatur barang-barang mereka dengan adanya 15 kompartemen. Terdapat Deep Sunk Style Trunk Space yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak barang di bagasi. Keseluruhan luas bagasi BinguoEV dengan bangku baris kedua yang dilipat dapat mencapai hingga 790 liter.

BinguoEV membawa pengalaman berkendara dengan EV yang efisien, tercermin dalam beberapa keunggulan yang dimilikinya. Dirancang khusus untuk kebutuhan mobilitas harian, mobil listrik ini tidak hanya menawarkan akselerasi yang halus dan responsif, tetapi juga menghadirkan efisiensi biaya perawatan yang rendah serta kemudahan pengisian daya di rumah.


(uda)