Asia Road Racing Championship

Empat Tahun Vakum, ARRC Bakal Digelar Lagi Tahun Ini

Pembalap Indonesia siap hadapi persaingan di ajang ARRC dan di kandang sendiri. IJ
Pembalap Indonesia siap hadapi persaingan di ajang ARRC dan di kandang sendiri. IJ

Autogear.id – Setelah terakhir diselenggarakan pada 2018, kejuaraan Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 bakal kembali digelar di Indonesia. ARRC tahun ini akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (11-13/8/2023).

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, bersama anak usahanya PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) berada di belakang perhelatan ARRC 2023 mendatang.

Kejuaraan ronde ke-4 yang menghadirkan perwakilan pembalap Indonesia dari Yamaha Racing Indonesia, dan Astra Honda Racing Team ini dibagi menjadi empat kelas. Yaitu Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000), Supersports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 150cc (UB150).  Sebanyak 90 peserta dijadwalkan mengikuti ajang ini, dimana 19 di antaranya ialah pembalap muda asal Indonesia.
 
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, menjelaskan, penyelenggaraan ARRC merupakan komitmen melanjutkan legacy. Dalam upaya menjaga konsistensi mempromosikan Mandalika sebagai sports and entertainment tourism, untuk peningkatan ekonomi daerah.


Baca Juga:
Galang Hendra Balik ke WorldSSP300 Ceko, Kali ini Ngajak Aldi Satya

“Event seperti ini menjadi upaya untuk terus menghidupkan Mandalika, yang pada akhirnya akan memberikan dampak multiplier effect terhadap ekonomi lokal di sana. Seperti akomodasi, transportasi, UMKM, penyediaan lapangan kerja, dan sebagainya,” ulas Maya di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2023).

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya, Priandhi Satria mengungkapkan, pihaknya menyambut baik ARRC 2023 di sirkuit Mandalika. Menyiapkan race ini dengan sebaik-baiknya, bareng IMI dan Two Wheels Motor Racing (TWMR) selaku promotor ARRC 2023. Kejuaraan ini akan terselenggara di Mandalika hingga 2025,” kata Priandhi. 

Pembalap Yamaha Racing Indonesia pada kelas Supersports 600cc, Andi Muhammad Fadly mengungkapkan kesiapan dan kebanggaannya mengikuti FIM ARRC Mandalika. “Senang sekali bisa berlaga di tanah kelahiran, Indonesia. Segala persiapan sudah dilakukan secara matang, baik fisik maupun mental. Saya berharap bisa juara di sirkuit dengan pemandangan indah ini,” ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Untuk menyaksikan secara langsung kejuaraan ARRC 2023 di sirkuit Mandalika, pembelian tiket dapat dilakukan melalui situs resmi themandalikagp.com. Tiket dibagi menjadi kategori Premium Grandstand A dan B dengan harga Rp100.000, Deluxe Class Rp2.000.000, dan Premiere Class Rp2.500.000.


(uda)