'Mobil Tangan Penolong dan Kebaikan' Jadi Pemenang TDCAC 2023

Toyota Dream Car Art Contest jadi wadah untuk mengasah skill anak-anak untuk merancang mobil impian mereka. TAM
Toyota Dream Car Art Contest jadi wadah untuk mengasah skill anak-anak untuk merancang mobil impian mereka. TAM

Autogear.id - Usai jalani serangkaian aktivitas, Toyota mengumumkan pemenang lomba tahunan menggambar mobil impian Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2023, di Museum Angkut Batu, Malang, Jawa Timur (5/7/2023).
 
President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda mengatakan, kontes ini telah menjelma menjadi salah satu kompetisi gambar terbesar di dunia, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2004. “Pelaksanaannya juga membawa semangat untuk mengajak anak-anak Indonesia berani bermimpi dan berinovasi, demi terwujudnya dunia yang lebih baik,” ujar Ueda.

Menurutnya lagi, dari sisi ide kreativitas tentang Future Mobility, maupun pengetahuan para peserta terkait lingkungan dan isu-isu sosial, juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sama dengan TDCAC sebelumnya, lomba terdiri dari 3 kategori, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8-11 tahun, dan kategori 3 untuk usia 12-15 tahun.

Tahun ini, kontes menerima 6.161 karya yang berasal dari 23 provinsi di Indonesia. Jumlah ini meningkat hampir 3x lipat dibanding tahun lalu, yang sebanyak 2.276 karya. Karya yang masuk pun dinilai oleh pakar seni dan psikolog, yang kompeten di bidang masing-masing. Sebanyak 3.235 karya lolos pada seleksi tahap pertama, yakni tahap Seleksi Ide. Pada tahap selanjutnya, disortir lagi menjadi 300 karya terbaik atau 100 karya terbaik di tiap kategori. 

Baca Juga:
Alasan Mitsubishi RALLIART Pede Boyong Juara AXCR Lagi

Lalu 300 karya terbaik ini kemudian diseleksi kembali menjadi 30 besar dan 9 besar serta 2 pemenang kategori khusus (special award), yakni “Best Indonesian Theme” dan “Best Inspirational Awards”. Untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan TDCAC, 300 ide dan karya terbaik kini ditampilkan dalam pameran karya melalui galeri virtual. Dapat diakses di tautan tdcacindonesia.com oleh siapa saja dan dari mana saja.
 
Sepanjang proses seleksi dan penentuan pemenang, para dewan juri terdiri dari Ario Anindito (komikus dan illustrator Marvel dan DC Comics). Lalu Bambang Rahadian (dosen jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Kesenian Jakarta, dan Saskhya Aulia Prima (psikolog dan tim pendiri lembaga psikologi Tiga Generasi.

Kemudian Laksmi W (pakar pendidik anak dan remaja), President Director, Vice President Director, dan perwakilan manajemen PT TAM, Najeela Shihab (CEO Sekolah.mu), serta Sigit Purnomo (perwakilan majalah Bobo).

Adapun para pemenangnya adalah untuk kategori 1 yaitu Alfin Maulidya, 7 tahun, asal Batu-Jawa Timur, judul karya: Mobil Tangan Penolong dan Kebaikan. Djangkaru Wira Brata, 4 tahun, asal Temanggung-Jawa Tengah, judul karya: Mobil Pengantar Rindu. Alika Ufairah, 7 tahun, asal Kubu Raya-Kalimantan Barat, judul karya: Mobil Damkar Scorpio.

Baca Juga:
Harley-Davidson Gelar Ajang Dirt.Road.Track untuk Kedua Kalinya

 
Kategori 2 yaitu Kayla Almaira Saherty, 11 tahun, asal Prabumulih-Sumatera Selatan, judul karya: Mobil Gajah Pengubah Sampah Daun Menjadi Buku. Jocelin Nathaniela Alanis, 10 tahun, asal Temanggung-Jawa Tengah, judul karya: Mobil Penghapus Kesedihan (The Broken Home Eraser Car). Kent Tobias Hansen, 8 tahun, asal Jakarta Barat, judul karya: The Color Blind Dino Car.
 
Kategori 3 yaitu Michelle Waiman, 13 tahun, asal Jakarta Barat, judul karya: Toyota Mobil Kuliner Untuk Pedagang Kaki Lima. Saybia Valeska, 15 tahun, asal Jakarta Utara, judul karya: Mobil Lansia. Lintang Permata Zaman, 14 tahun, asal Sidoarjo-Jawa Timur, judul karya: The Gasing Car (Bring Traditional Happiness to the Future). Special Awards merupakan penghargaan khusus yang pemenangnya dipilih langsung oleh President Director dan Vice President Director PT TAM. 

Terdapat 2 pemenang, yaitu Best Inspirational Awards. Diberikan kepada karya yang punya ide orisinal dan pesan yang kuat. Mengenai harapan tentang mobil impian di masa depan, berdasarkan perspektif anak-anak. Peraihnya adalah Alfin Maulidya, 7 Tahun, Batu-Jawa Timur, judul karya: Mobil Tangan Penolong dan Kebaikan. Sementara Best Indonesia Theme diberikan kepada karya yang punya karakter khusus, dan keunikan mewakili kebudayaan Indonesia. 

Penghargaan itu diraih Lintang Permata Zaman, 14 Tahun, Sidoarjo-Jawa Timur, judul karya: The Gasing Car (Bring Traditional Happiness to the Future). Para pemenang di kategori 9 besar dan penghargaan spesial diundang untuk mengikuti acara penghargaan di Museum Angkut, Batu, Jawa Timur. Selain menerima hadiah uang tunai, piala, dan sertifikat khusus, mereka juga akan mewakili Indonesia di kontes TDCAC tingkat global di Jepang. Karya mereka akan disandingkan, dan bersaing dengan karya-karya dari 75 negara lain di dunia.


(uda)