Serba-Serbi Otomotif

Yuk Intip Cara Memotret Mobil Dalam Kondisi Cahaya Rendah

Memotret kendaraan di kondisi gelap punya cara tersendiri agar hasilnya di luar ekspektasi. HPM
Memotret kendaraan di kondisi gelap punya cara tersendiri agar hasilnya di luar ekspektasi. HPM

Autogear.id – Bukan sekadar alat transportasi, mobil kini juga menjadi bagian dari gaya hidup. Dinikmati tak hanya sebatas nyaman dikendarai, namun juga sebagai pemanis dan pendukung tampilan. Memang mobil jaman sekarang umumnya punya desain dan bentuk menarik. Mengundang siapapun yang melihatnya untuk mengabadikan dalam sebuah karya foto.

Product Marketing Manager Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, menjelaskan, memotret sebuah mobil, bisa kian menarik ketika dilakukan dengan kondisi pencahayaan rendah (low light). Hasilnya bisa dioptimalkan, dengan fitur Nightography yang juga sudah tersedia di ponsel Galaxy S22 Ultra 5G.

“Membuat pengguna bisa merekam foto dan video dengan jernih, minim noise dan tajam, kendati memanfaatkan cahaya rendah. Hasil foto dan video pun seolah dibuat sosok profesional,” ujar Verry dalam keterangan tertulisnya.

Lantas ia pun mencoba berbagi tips, bagaimana memotret mobil di tengah kondisi cahaya rendah.

1. Matikan flash
Walaupun bisa menjadi sumber cahaya ketika membuat foto atau video pada keadaan low light. Tetapi, untuk memperoleh cahaya optimal dan lebih alami, hanya perlu andalkan fitur Nightography. Memastikan foto dan video, misalnya suasana di malam hari, terekam lebih terang.

Baca Juga:
Baru Setahun Berjalan, Surabaya Telah Sumbang Penjualan 600 Unit Jeep

2. Night Mode
Ada yang bilang, cara termudah memotret mobil adalah gunakan Night Mode. Pengguna bisa menangkap keindahan lampu yang menerpa mobil, termasuk jernihnya ekspresi model, sehingga hasilnya terlihat lebih profesional.

3. Mode Portrait
Mencoba memotret dengan menu Portrait 5G, hasilnya ternyata lumayan mengejutkan. Karena sanggup menangkap gambar detail, dengan tetap mempertahankan warna, fokus, serta menghilangkan noise. Pengguna bisa lebih bebas memilih sudut, serta ekspresi terbaik dari si model, tanpa perlu dipusingkan berbagai setelan kamera. Khusus di Galaxy S22 Ultra 5G, didukung AI Stereo Depth Map. Resiko foto tidak fokus dan noise, bisa diminimalisir memakai mode Portrait.

4. Manfaatkan Lensa Wide, Tele, Hingga Zoom
Sebagai keleluasaan untuk memotret dari banyak komposisi, bisa memanfaatkan kamera utama, ultra-wide, atau kamera tele. Kadangkala hasil foto menarik muncul secara tidak disengaja. Tipsnya, ambil foto sebanyak mungkin dan manfaatkan momen yang tak terulang.

5. Pro Mode
Pada Galaxy S22 Ultra 5G, jika pengguna punya banyak waktu, silahkan bereksperimen menggunakan Pro Mode. Atur bukaan, ISO, hingga kecepatan shutter. Bila ingin gambar lebih terang dan detail, atau sedikit gelap nan dramatis. Sesuaikan juga white balance kamera, untuk ciptakan foto lebih hangat atau malah sejuk. Bila perlu, atur fokus kamera secara manual.

Baca Juga:
Isi Liburan Sekolah, Hot Wheels Tantang Anak-anak Berkompetisi

6. Optical Image Stabilization
Fitur ini berfungsi menjaga hasil foto mobil dan modelnya tetap fokus, dalam kondisi pencahayaan rendah dan jernih. Kamera pun bisa menangkap lebih banyak variasi dari arah datangnya cahaya.

7. Expert RAW
Tak salah memotret gunakan format foto RAW (16 bit), karena memang file fotonya lebih besar, dan merekam lebih banyak data. Pengguna bisa mendapat kontrol penuh sewaktu mengedit foto.

Selanjutnya, foto itu bisa langsung diedit memakai misalnya Adobe Lightroom. Membawa sensasi layaknya menggunakan kamera DSLR, serta memungkinkan pengguna memiliki kendali lebih terhadap proses kreatifitas memotret.

8. Rekam dengan Super Night Resolution
Bila tersirat keinginan membuat video di tengah cahaya rendah, Super Night Resolution akan meningkatkan FPS dan shutter speed. Seraya menyesuaikan kondisi cahaya, untuk mendapat tingkat kecerahan dan detail lebih baik di setiap video.

Baca Juga:
Aman Melibas Jalan Rusak, Pemotor Bisa Coba Teknik Ini

9. Multi Object Tracking
Terdapat teknologi Multi Object Tracking, ditopang auto frame rate lebih besar pada Galaxy S22 Ultra 5G mampu mendeteksi hingga 10 orang dalam satu frame, dengan fokus lebih cepat di tengah low-light sekalipun. Adanya sensor Laser AutoFocus (AF) dengan AI membuat fokus lebih cepat.

10. Hilangkan Objek Mengganggu
Tersedia Object Eraser, yaitu fitur ketika sedang memotret, mendapat ekspresi model dan komposisi sesuai. Tetapi, pada latar belakang ada subjek mengganggu. Fitur inilah yang dipakai menghapus gangguan tersebut.


(uda)