KTT ASEAN

Ratusan Ioniq 5 Jadi Tunggangan Delegasi ASEAN Summit Labuan Bajo

Hyundai siap dukung dan mensukseskan KTT ASEAN yang akan berlangsung di Labuan Bajo. HMID
Hyundai siap dukung dan mensukseskan KTT ASEAN yang akan berlangsung di Labuan Bajo. HMID

Autogear.id – Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Summit 2023, yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, NTT, pada Mei mendatang. Dalam kegiatan tersebut dimana Indonesia sebagai ASEAN Chairmanship 2023, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ikut mendukung melalui kehadiran unit-unit Ioniq 5.

President Director HMID, Woojune Cha mengatakan, perusahaannya bangga menjadi bagian dari ASEAN Summit 2023 dan memberi dukungan nyata bagi Indonesia dalam memegang Chairmanship ASEAN tahun ini. “Hyundai pun senang dapat meneruskan sinergi dengan pemerintah, setelah sebelumnya kami juga menyediakan kendaraan resmi untuk G20 Summit 2022,” kata Woojune. 


Sebelumnya, merek ini juga telah mendukung penyelenggaraan G20 Summit 2022 dengan menyediakan lebih dari 450 unit mobil listrik. Mencakup Genesis Electrified G80 dan Ioniq 5, sebagai kendaraan resmi para delegasi di ajang tersebut. Lanjut dia, penggunaan mobil listrik tersebut dalam ajang internasional ini memperkuat komitmen mendorong era elektrifikasi di industri otomotif Tanah Air.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Setya Utama mengatakan, pabrikan asal Korea itu memberikan dukungan 117 unit Ioniq 5. Jumlah tersebut dapat digunakan untuk keperluan mobilitas menteri, protokol, keamanan dan mobil penyelamatan dalam rangkaian VVIP dan spouse. 

Baca Juga:
65 Unit Mobil Listrik Toyota Bakal Wara-Wiri di KTT ASEAN

Menurut Setya, dukungan ini menunjukkan kalau merek mobil itu terus menunjukkan komitmen untuk selalu mendukung kegiatan nasional. Memberikan pengalaman berkendara terbaik untuk para tamu yang akan hadir di Labuan Bajo. “Selain itu, kami lihat Ioniq 5 sebagai Crossover Utillity Vehicle, sangat cocok dengan kontur dan lanskap di Labuan Bajo,” tukasnya.

Dijelaskan, selama perhelatan ASEAN Summit 2023 nanti, seluruh unit Ioniq 5 yang digunakan adalah tipe Signature Long Range, dengan kelir Midnight Black Pearl. Seluruh armada yang terlibat tadi juga akan dilengkapi layanan darurat 24 jam, Roadside Assistance, Mobile Service dan Charging serta Service Booth. 

Sebelumnya, untuk memastikan pengalaman mobilitas terbaik selama ASEAN Summit 2023, telah diadakan pelatihan bagi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Mereka yang bertanggung jawab untuk mengendarai armada Ioniq 5 bagi para delegasi. Pelatihan tersebut meliputi pengenalan fungsi kendaraan, serta pengalaman berkendara. Khususnya bagi seluruh aparat yang akan mengendarai unit selama penyelenggaraan kegiatan. 


(uda)