Pameran Otomotif GJAW 2023

Kolaborasi Lifestyle, Bikin Pasar Otomotif Menggeliat Awal Tahun

GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 bikin standar baru pameran otomotif nasional. AG-Uda
GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 bikin standar baru pameran otomotif nasional. AG-Uda

Autogear.id - Berakhirnya pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 menjadi standar baru pameran yang diprakarsai oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Pameran yang didukung dan diarahkan langsung Kementerian Perindustrian itu, sukses menjadi pembeda di pasar otomotif awal tahun. 

Hadir selama 10 hari pada 10-19 Maret 2023, pameran ini menyajikan yang terbaik dari industri otomotif dan lifestyle. Selain inovasi Industri otomotif Indonesia secara lengkap, juga ada kolaborasi unik dari sisi gaya hidup. Total lebih dari enam puluh merek, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung juga dari sisi gaya hidup. 

Kolaborasi yang dihadirkan pun ada tiga segmen lifestyle sekaligus, lewat Jakarta Concert Week, Jakarta Auto Runway, dan Indonesia Authentic Food Festival. Jumlah peserta APM kendaraan bermotor dan juga industri pendukung yang berpartisipasi pada GJAW 2023 menandakan semangat, gairah dan kepercayaan industri otomotif yang semakin besar terhadap pelaksanaan pameran GJAW  2023.

Brand otomotif yang berpartisipasi di antaranya BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling menampilkan produk terbaru dan juga promo terbaik sepanjang pameran berlangsung.

Baca Juga:
GasGas Siap Tarung di Seri Pembuka MotoGP Portimao

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengungkap tujuan konsep baru dari GJAW adalah untuk menggabungkan tren otomotif dan lifestyle dalam satu waktu untuk pengunjung dari berbagai segmen indutri. ”Konsep otomotif x lifestyle pada GJAW 2023 menegaskan keterkaitan antara industri otomotif dan lifestyle yang potensinya sangat besar, dengan cakupan audience, exposure dan publikasi lintas industri lebih luas,” ujar Nangoi. 

Menurutnya dengan kolaborasi yang diangkat di GJAW 2023 akan dapat mendorong target market industri otomotif Indonesia menjadi lebih luas. Hingga hari terakhir penyelenggaraan Minggu (19/03) jumlah pengunjung naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, mencatat sebanyak 86.168 pengunjung hadir menikmati kolaborasi otomotif x lifestyle di GJAW 2023. 

Kolaborasi antara industri otomotif dan lifestyle, dengan cakupan audience, exposure dan publikasi lintas industri yang lebih luas, secara keseluruhan terbukti tepat dan efektif. Ketua III GAIKINDO, sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO, Rizwan Alamsjah menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta, yang telah mendukung konsep GJAW otomotif x lifestyle. 

“Identitas GJAW pada tahun ini akan menjadi konsep penyelenggaraan berikutnya untuk memperluas pembeli potensial yang hadir, Kami sampaikan apresiasi untuk seluruh peserta yang telah menghadirkan model kendaraan terbaru serta penawaran terbaiknya sepanjang pameran berlangsung,” tutur Rizwan. 

Baca Juga:
Apa Hebatnya Fitur Head-Up Display yang Bikin Takjub Patricia Gouw

Menurutnya kontribusi para peserta otomotif pada penyelenggaraan kali ke- 2 GJAW ini, memperkuat awareness masyarakat yang telah dimulai pada pameran GJAW perdana ditahun lalu, bahwa GJAW adalah pameran yang dituju untuk mencari informasi terbaru tentang produk otomotif dan mendapatkan penawaran terbaik dari seluruh peserta.

Rizwan menambahkan bahwa saat ini, hasil transaksi dari deretan APM peserta pameran, masih terus didata oleh peserta, untuk disampaikan kepada GAIKINDO, dan kemudian dilaporkan kepada Kementerian Perindustrian. Oleh karena itu, mereka akan menginformasikan kembali hasil dari pencapaian transaksi GJAW 2023 melalui publikasi tertulis.


(uda)