Tokoh Politik

Beda dari Pejabat Lain, Ini Koleksi Kendaraan Capres Anies Baswedan

Anies Baswedan juga punya koleksi kendaraan yang cukup menarik untuk dilihat. Dok AB
Anies Baswedan juga punya koleksi kendaraan yang cukup menarik untuk dilihat. Dok AB

Autogear.id – Calon presiden (Capres) yang diusung Partai Nasdem, PKS dan PKB, Anies Rasyid Baswedan, kiranya juga memiliki koleksi kendaraan. Beda dengan para pejabat lainnya di Indonesia, sosok pria kelahiran 1969 yang menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang ini memiliki sejumlah koleksi kendaraan yang relatif sederhana. 

Umumnya para pejabat negara memilih Toyota Land Cruiser, Toyota Alphard, Mercedes-Benz, Lexus LM, atau sederet varian mobil mewah lainnya. Namun selera mantan gubernur DKI Jakarta yang lahir di Kuningan, Jawa Barat ini mengoleksi salah satu mobil model MPV produksi Negeri Sakura, Jepang, serta motor klasik buatan Eropa peninggalan sang ayah.

Sebelum lebih jauh mengintip koleksi kendaraannya, jika melansir dari LHKPN 2021, Anies Baswedan yang akan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden (cawapres) memiliki total harta kekayaan mencapai lebih dari Rp10.955.779.684. 

1. Honda Odyssey
Mengutip dari salah satu media online otomotif, Otosia, harta kekayaan Anies tersebut di antaranya berupa aset dalam bentuk kendaraan transportasi. Terdiri dari satu unit mobil dan dua unit motor dengan nilai total Rp550 juta. Secara rinci kendaraan sederhana milik Anies adalah Honda Odyssey, yang punya tampilan berkelas, dewasa dan elegan. 

Baca Juga:
Nmax Batik, Bisa Naik Turun dan Buka Tutup Otomatis

Kendati bukan mobil yang tergolong mewah, Odyssey tampil sebagai mobil berjiwa muda dengan kenyamanan ala-ala VIP. Dari luar, mobil tersebut mampu menopang sosok berpenampilan humble. Interiornya juga didesain untuk kenyamanan penumpang. Jok baris kedua model captain seat, dengan bangku berlapis kulit. Selain memfasilitasi kebutuhan VIP, kendaraan ini bisa diandalkan sebagai teman liburan keluarga.

Odyssey dibekali mesin berkapasitas 2.400cc, 4-silinder VTEC, mampu menghasilkan tenaga sebesar 175 PS dengan torsi maksimal 225 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT. LHKPN mengklaim Odyssey berkode RC ini seharga Rp450 juta. Tetapi kalau melongok pasar mobil bekas, dipatok harga mulai dari Rp320 juta sampai Rp400 jutaan. 

2. Kawasaki EX250V
Lumayan mengagetkan kalau ternyata Anies Baswedan menyimpan satu unit motor sport di garasi rumahnya. Yakni Kawasaki EX250V atau biasa disebut Ninja 250. Motor Ninja ini dibekali mesin 250cc 2-silinder segaris bertenaga 39 PS dengan torsi maksimal 23,5 Nm. Terkoneksi dengan transmisi manual 6-percepatan.

Bila mengacu harga yang dipublikasikan Kawasaki, Ninja 250 dalam kondisi baru dibanderol Rp66,5 juta hingga Rp78,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Menurut LHKPN 2021, harga motor ini di kisaran Rp50 juta OTR Jakarta.

Baca Juga:
Genjot Bidik Motor Jepang, Castrol Gelar Kontes Mekanik dan Bengkel Motor

2. Vespa Sprint 1968
Disebutkan di awal, capres Anies memiliki sebuah kendaraan warisan dan amanah dari ayahnya. Berupa satu unit Vespa Sprint yang dibeli bekas oleh ayahnya sejak tahun 1974. Ini merupakan motor pertama keluarganya, menggantikan sepeda onthel yang selama ini selalu digunakan ayahnya untuk bekerja.

Ketika Anies duduk di bangku SMA, motor produksi Italia tahun 1968 tersebut diwariskan kepadanya, untuk mengantarnya pergi sekolah. Aktivitasnya semasa kuliah juga senantiasa ditemani Vespa berkelir perak itu. 

Anies dalam sebuah komentarnya pernah mengatakan, sejuta kenangan tersimpan bersama Vespa ini. Bukan hanya sekadar alat transportasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Anies merasa, dengan mengendarai motor lawas tersebut seperti sedang bersama sang ayah tercinta berkeliling kota. Sehingga tidaklah mengherankan, jika Vespa Sprint ini menjadi salah satu kendaraan kesayangan Anies.


(uda)