Kontes Mekanik

Genjot Bidik Motor Jepang, Castrol Gelar Kontes Mekanik dan Bengkel Motor

Mekanik Castrol diadu untuk memberikan kepuasan layanan saat konsumen melakukan servis di bengkel mitra Castrol se-Indonesia. AG-Alun
Mekanik Castrol diadu untuk memberikan kepuasan layanan saat konsumen melakukan servis di bengkel mitra Castrol se-Indonesia. AG-Alun

Autogear.id - Castrol Indonesia (Castrol) kembali mengadakan kompetisi untuk mekanik dan bengkel motor bertajuk Castrol Super Mechanic Contest 2023. Kompetisi yang sudah berjalan sebanyak tujuh kali sejak tahun 2008. Untuk tahun ini komtes diikuti tak kurang 2.500 peserta, yang bertanding di babak kualifikasi awal secara online melalui aplikasi Castrol Zoom. 

Dari proses tersebut, terjaring 400 bengkel peserta untuk mengikuti babak final di lima kota besar yakni Palembang, Makassar, Bandung, Surabaya dan Jakarta. Dalam babak final tersebut, lima bengkel pemenang dari setiap kota turut diumumkan, yang terdiri dari Vindo Motor dari Palembang, Teknik Motor dari Makassar, Champion Ship Parts dari Bandung, Gunawan Motor dari Semarang dan Bintang Motor dari Jakarta.

“Castrol Super Mechanic Contest 2023 merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas mekanik dan bengkel, juga pemberdayaan UMKM di Indonesia sebagai bagian dari Mechanic Advocacy Castrol,” kata Marketing Director PT Castrol Indonesia, Augustnine Adrianto dalam keterangan resminya, Jumat (15/9/2023).

Jelas Adrianto lagi, mengusung kampanye “motor Jepang cocoknya Castrol”, mereka mengadakan kompetisi juga sebagai sarana membekali mekanik dan bengkel motor dalam memberi layanan terbaik kepada konsumen, yang mayoritas menggunakan motor keluaran pabrikan Jepang. Kontes ini pada dasarnya memiliki tiga kategori utama, masing-masing dengan kriteria kompetensi dan penilaian spesifik. 

Baca Juga:
Gelora E Siap Wara-Wiri di Lanud Halim, Layani 7000-an Penumpang Per Hari

Pertama, kategori Super Mechanic Team, yang menuntut pengetahuan tentang Castrol dan produk-produknya. Kemudian pengetahuan dan keterampilan mekanik, serta pengetahuan tentang manajemen usaha bengkel. Kemudian ada kategori Super Branding Outlet, yang menilai pemasangan semua materi branding Castrol dengan baik dan benar ,sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan Castrol selama ini. 

Terakhir, kategori Super Selling Outlet untuk bengkel dengan penilaian pada Castrol Zoom (aplikasi digital Castrol untuk mitra bengkel), dengan poin tertinggi di tahun 2023. Menandakan kalau mereka berhasil menawarkan produk Castrol kepada konsumen, dalam jumlah besar. Untuk menjadi peserta kontes, mereka bisa mendaftar di Castrol Zoom. Aplikasi pusat informasi, ditujukan untuk pemilik bengkel dan mekanik. Setelah mendaftar, peserta akan ikut babak kualifikasi di Castrol Zoom. 

Babak ini tak hanya menguji pengetahuan tentang Castrol dan produk-produknya, tetapi juga keterampilan perbaikan mesin untuk mekanik. Serta pengetahuan tentang manajemen usaha bengkel, untuk pemilik bengkel. Peserta dengan poin tertinggi dalam menjawab kuis, akan melangkah ke babak final di lima kota besar, yakni Palembang, Makassar, Bandung, Surabaya, dan Jakarta. 

Setelah melewati babak kualifikasi melalui aplikasi Castrol Zoom, peserta kemudian diundang ikut babak final yang digelar offline. Mencakup pelatihan oleh panelis ahli dalam bidang mesin, dan manajemen bengkel. Lalu tes pengetahuan melalui aplikasi digital yang interaktif, serta tes keterampilan melalui tantangan troubleshooting kondisi motor, yang mesinnya diseting dalam kondisi mati. 

Baca Juga:
Dukung Dunia Otomotif, Tristar Bantu Amankan Mobil-Mobil Reli

Sebagai penghargaan tertinggi kepada pemenang, Castrol menyediakan beberapa hadiah menarik bagi peserta. Dimana lima kontestan terbaik dari babak final mendapatkan kesempatan eksklusif VIP Access ke paddock dan Garage tiga tim MotoGP Castrol. Beserta tiket penerbangan dan akomodasi di Mandalika, selama 4 hari 3 malam.  

Selain hadiah utama tersebut, pemenang partai final di lima kota pun berhak membawa pulang masing-masing satu unit motor. Ditambah lagi hadiah hiburan seperti perlengkapan mekanik, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan voucher belanja yang diberikan kepada para peserta berprestasi.


(uda)