GIIAS 2023

Bawa Masuk Tank ke Booth, GWM Kejutkan Pengunjung GIIAS 2023

GWM boyong Tank ke pameran GIIAS 2023, tampangnya benar-benar maskulin. AG-Alun
GWM boyong Tank ke pameran GIIAS 2023, tampangnya benar-benar maskulin. AG-Alun

Autogear.id – Seksinya pasar otomotif di Indonesia, kembali mendorong sejumlah pabrikan untuk ikut bermain di dalamnya. Kali ini salah satu pemain baru adalah Great Wall Motor (GWM). Merek asal Tiongkok, yang mencoba peruntungan, dengan membawa 3 variannya, dan mulai dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

GWM sebagai distribusi kendaraan energi baru, yang dioperasikan oleh Inchcape plc (Inchcape), dalam usaha kemitraan patungan (joint venture) bersama PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). General Manager PT Indochape Indomobil Energi Baru, Constantinus Herlijoso mengatakan pihaknya akan mulai berjualan pada tahun depan. "Kami akan mulai jual tahun depan, setelah kami mulai rakit secara completely knock down (CKD)," jelas Constantinus. 

Saat ini GWM sedang melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan global yang berfokus pada teknologi energi baru yang pintar (new energy intelligent technologies). “Kendaraan energi baru kami telah hadir di lebih dari 170 negara dan wilayah di seluruh dunia,” ungkapnya. 

Perlu diketahui, dari 3 varian yang dibawa GWM, ada satu yang lumayan menggelitik untuk sekilas dikulik. Model yang satu ini memiliki nama unik dan menarik, yakni Tank. Tapi jangan dibayangkan bentuknya menyerupai sebuah tank, kendaraan militer dengan laras panjang di depannya. Tank 500 produksi GWM ini merupakan kendaraan, yang fokus sebagai merek mobil off-road. 

Baca Juga:
Benarkah Platform Mitsubishi XForce Sama Dengan Xpander?

Didesain sebagai mobil penumpang, yang dapat melibas medan-medan menantang dan relatif sulit dijangkau oleh mobil penumpang pada umumnya. Tersedia dalam dua tipe, yaitu pro dan deluxe, dengan kelebihan masing-masing yang ditawarkan, Mengantongi desain gagah dan mewah, mobil ini memiliki panjang 5.078 mm, lebar 1.934 mm, dan tinggi 1905mm. Wajar saja mobil ini dapat melewati berbagai medan, mulai dari jalan off-road, semi off-road hingga bergelombang.

Model ini memperlihatkan hight power performance, dilihat dari sober grille + LED split headlamps, electrik side listrik dengan mesin 2.0T, dan transmisi 9 HAT yang berteknologi tinggi. Mobil ini menggunakan suspensi, yang mampu digunakan di jalur off-road. Serta fitur canggih untuk menjamin keselamatan, seperti intelligent cruise assistance dan traffic jam assistance. Lalu traffic signal recognition, juga lane-keeping assistance+blind spot detection. 

Menyoal desain, interiornya terlihat sangat mewah dan nyaman, dengan kursi penumpang dan pengemudi yang soft touch. Soal pilihan warna yang tersedia, tank ini menyediakan pilihan tiga kelir; Crystal Gray, Hamilton White dan Sun Blac. Interiornya sendiri tersedia versi warna dark, juga blue&beige. Sementara ban disematkan ukuran 265/60 R18 untuk tipe pro dan 265/50 R20 untuk tipe deluxe.

Mobil ini dikatakan sanggup menawarkan performa unggul, fitur keamanan canggih, serta daya tahan tinggi. Memberi penggunanya kemampuan jelajahi berbagai wilayah dengan penuh rasa pede. Hadirnya kendaraan ini seakan ingin mematahkan tren konsumen dan membuka kategori pasar baru dengan proposisi merek “Off Road on Demand”. 

Baca Juga:
Wow, Omoda 5 Bikin Kepincut Seleb Cantik Natasha Wilona!

Pada bulan Agustus 2022, rangkaian Tank 500 secara resmi meluncurkan roadmap teknologi “off-road + new energy” dan arsitektur off-road super hybrid. Pada 2022, performa penjualan dari model ini melebihi 200.000 unit di pasar China saja. 


(uda)