GIIAS 2023

Benarkah Platform Mitsubishi XForce Sama Dengan Xpander?

Kehadiran SUV kompak Mitsubishi XForce bukan tanpa persiapan matang. Bahkan diakui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Kamis (10/8/2023).. MMKSI
Kehadiran SUV kompak Mitsubishi XForce bukan tanpa persiapan matang. Bahkan diakui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Kamis (10/8/2023).. MMKSI

Autogear.id – Kehadiran SUV kompak Mitsubishi XForce bukan tanpa persiapan matang. Bahkan diakui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Kamis (10/8/2023). Tiga tahun lalu, Mitsubishi sudah punya rencana model baru dan peningkatan produksi. Bahkan termasuk investasi di dalamnya.

Alhasil pabrikan Jepang ini berani mengambil target penjualan XForce sebanyak 10 ribu unit sampai akhir tahun. Bahkan nyatanya, dikatakan President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato, animo ternyata begitu tinggi, sehingga sedang dipertimbangkan apakah target penjualan akan direvisi atau tidak.

“Selain memastikan memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya yang dituntut dari sebuah kompak SUV, membuat kami mencurahkan hati dan jiwa ke dalam pengembangan XForce. Untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” ungkapnya di GIIAS, Kamis (8/10/2023).

Model ini menurutnya dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini. Sehingga pihaknya berharap kendaraan terbaru ini akan menjadi teman yang paling cocok, untuk setiap petualangan yang ingin dilakukan para penggunanya.

Baca Juga:
Teknologi SHVS Jadi Gaung Utama Kehadiran Suzuki di GIIAS

“Ekspor XForce sejauh ini sudah direncanakan ke 40 negara, antara lain Vietnam, Filipina, Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah dan banyak lagi. Sambil kami terus memantau kebutuhan pasar, dan negara-negara tersebut boleh dibilang sama dengan negara-negara ekspor Mitsubishi Xpander,” ungkapnya.

Ditambah lagi, platform yang digunakan pada XForce sama dengan yang digunakan pada Xpander. Tetapi karena Xpander sudah cukup lama, yakni sejak 2017, maka perlu dilakukan improvement di beberapa bagian. Disesuaikan untuk SUV, bukan lagi MPV.

Adapun terkait alasan Mitsubishi Motors melibatkan audio Yamaha, selama ini  telah melakukan riset mendalam terhadap car audio yang bagus. “Kami pun sudah melakukan diskusi dengan perusahaan-perusahaan audio terkemuka, bukan hanya Yamaha,” ujarnya. 

Dimana menurut pihak Mitsubishi, perbedaan paling kentara Yamaha dengan perusahaan audio yang lain, Yamaha telah memiliki dan berpengalaman di dalam instrumen musik. Bisa dikatakan Yamaha mengenal karakter penyanyi yang bekerja sama dengan mereka. “Jadi bukan hanya audio yang bagus, melainkan juga karakteristik yang baik, membuat kami memiliki Yamaha. Kami pun akan berkolaborasi dengan Yamaha untuk jangka waktu panjang,” tukasnya.

Baca Juga:
XForce Jadi Nama SUV Kompak Mitsubishi Seharga Rp 379 Jutaan Ini

Diketahui, setelah lama merahasiakan produk terbarunya, Mitsubishi Motors akhirnya meluncurkan XForce, dengan beberapa keunggulan yang menjadi nilai jual bagi SUV kompak tersebut. Tersedia dalam dua varian, untuk Ultimate CVT dibanderol harga Rp412,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan Exceed CVT dijual dengan harga Rp379,9 juta OTR Jakarta.


(uda)