Komponen Mobil Listrik

Astra Otopower, Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Astra Otoparts siapkan stasiun pengisian baterai untuk kendaraan listrik. AOP
Astra Otoparts siapkan stasiun pengisian baterai untuk kendaraan listrik. AOP

Autogear.id – Seperti sebelumnya pernah disampaikan, sejumlah pemain di sektor komponen kendaraan ikut mendukung pergerakan ekosistem elektrifikasi di ranah otomotif di Tanah Air. Salah satunya PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts), anak perusahaan PT Astra International Tbk (Astra) yang bergerak di bidang komponen kendaraan, memperkenalkan Astra Otopower.

Jaringan pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) tersebut resmi diperkenalkan Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dan Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim, beberapa waktu lalu. Astra Otopower yang berlokasi di area parkir lantai B2 Menara Astra merupakan jaringan pengisian KBLBB pertama yang diresmikan.

Nantinya, Astra Otopower akan hadir di sejumlah lokasi lain untuk mendukung penyiapan infrastruktur pelaksanaan kegiatan Presidensi G20, serta mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Astra Otopower juga menjadi bagian dari partisipasi Astra Otoparts mendukung program penekanan emisi gas buang kendaraan bermotor, dan proses transisi energi. Khususnya dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi bahan bakar listrik.

“Semangat kami untuk terus mengeksplorasi peluang bisnis baru berkelanjutan, yang diwujudkan dalam proyek dan investasi kami. Dalam hal ini terhadap Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam menyiapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Hamdhani.

Baca Juga:
Spectre, Mobil Listrik Rolls-Royce Mulai Fase Pengujian 2,5 Juta Km

Mesin pengecasan baterai kendaraan listrik di jaringan KBLBB Astra Otopower menggunakan standar global komunikasi internasional. Sehingga semua tipe kendaraan listrik dapat menggunakan mesin pengecasan tadi, selama konektornya sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Selain itu mesin pengecasan juga dilengkapi fitur Safety Flooding System. Fitur ini akan membuat mesin pengecasan otomatis mati, apabila terendam air. Serta terdapat fitur Humidity Control System, mencegah mesin pengecasan dalam keadaan lembab berlebih, sesuai kondisi Indonesia.

Saat ini jaringan pengisian KBLBB Astra Otopower dapat dioperasikan menggunakan mobile web browser. Di mana historikal transaksi pengisian pengguna akan terekam. Ke depannya, sistem pengoperasian Astra Otopower akan terintegrasi dengan www.astraotoshop.com. Mempermudah pengguna dalam pengoperasian serta menawarkan kenyamanan melalui aneka fitur yang lebih lengkap.


(uda)