MotoGP Portugal 2023

Bastiannini Bantu Marquez Start dari Posisi Pole?

Marc Marquez dapat 'bantuan langsung tunai' dari Enea Bastiannini di sesi kualifikasi MotoGP Portugal 2023. MM
Marc Marquez dapat 'bantuan langsung tunai' dari Enea Bastiannini di sesi kualifikasi MotoGP Portugal 2023. MM

Autogear.id - Keseruan balap MotoGP 2023 mulai terasa di sesi kualifikasi MotoGP Portugal yang baru saja berlangsung. Di mana, Marc Marquez akhirnya kembali meraih posisi pole meski merasakan motornya tak begitu kompetitif jika dibandingkan tunggangan para pembalap yang menggunakan Ducati. 

Meski meraih hasil kompetitif ini, namun hasil yang Ia raih ini bukan murni atas kompetitifitas motornya. Melainkan trik menguntit yang Ia lakukan terhadap pembalap Ducati yaitu Enea Bastiannini. Ia menguntit pembalap asal Italia itu dan memanfaatkan zona akslerasi panjang dengan cara slipstream di belakang Bestia. 

Hal ini lantas memberikan momentum terhadapnya untuk mencetak hasil yang lebih baik. Dengan menghindari terpaan angin langsung, Marquez benar-benar melesat meraih waktu tercepat yang terbilang sempurna. Bahkan catatan waktu tercepatnya kali ini menjadi pemecah rekor waktu tercepat yang dicetek oleh Francesco Bagnaia pada 2021 lalu yaitu 1 menit 38,725 detik.

Baca Juga:
Berburu Tiket Mudik Garuda Indonesia, Bisa Dapat Alves?

"Hasil ini membuat Kami sangat girang, meski banyak hal yang harus dibenahi. Tapi setidaknya mengawali balapan dari titik start terbaik, ini bakal jadi motivasi tersendiri bagiku dan juga buat tim," ujar Marquez usai sesi kualifikasi berlangsung.

Sementara Pecco meraih posisi start kedua disusul oleh pembalap yang menggunakan motor Ducati lainnya yaitu Jorge Martin. Sedangkan pembalap tuan rumah yaitu Miguel Oliveira yang tahun ini menggunakan Aprilia RS-GP22, mencetak hasil menyenangkan di urutan keempat.

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal:
1. Marc Marquez, SPA, Repsol Honda 1 menit 37,226 detik
2. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse, +064 detik
3. Jorge Martin, SPA, Pramac Ducati +228 detik


(uda)