Reaksi Verstappen Usai Menangi Balapan "Aneh" di Belgia

Aksi Max Verstappen pada F1 GP Belgia yang harus diakhiri saat balapan baru berlangsung dua lap karena faktor cuaca (Foto: Instagram Max Verstappen)
Aksi Max Verstappen pada F1 GP Belgia yang harus diakhiri saat balapan baru berlangsung dua lap karena faktor cuaca (Foto: Instagram Max Verstappen)

Autogear.id - Honda berhasil memenangkan seri balap F1 Grand Prix (GP) Belgia yang berlangsung di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Minggu (29/8/2021). Dalam balapan "aneh" tersebut, pembalap unggulan dari tim Red Bull Racing Honda, Max Verstappen keluar sebagai pemenang.

Balapan GP Belgia memang tidak berjalan dalam kondisi normal. Hujan yang terus mengguyur Sirkuit Spa-Francorchamps, memaksa balapan dimulai dengan panduan dari safety car.

Akibat kondisi cuaca yang kian memburuk, balapan akhirnya dihentikan setelah para pembalap menjalani dua lap. FIA selaku otoritas tertinggi balapan F1 akhirnya mengambil keputusan untuk mengakhiri balapan dan mengambil pemenang berdasarkan urutan pembalap di  akhir lap pertama.

Selain itu, diputuskan juga bahwa poin yang didapat para pembalap di balapan ini hanya setengah dari poin biasanya. Hal ini dikarenakan jalannya balapan tidak mencapai 75% dari yang direncanakan.

Berdasarkan klasifikasi di akhir lap pertama, Verstappen akhirnya berhak keluar sebagai juara. Bagi Verstappen, kemenangan di F1 GP Belgia ini merupakan kemenangan pertama dirinya di sirkuit Spa-Francorchamps. Ini juga menjadi kemenangan keenam Verstappen di musim ini dan ketujuh untuk tim Red Bull Racing Honda selama kejuaraan F1 musim 2021 ini.

Menyikapi kemenangannya di tengah kondisi balapan yang tidak sebagaimana semestinya tersebut, Verstappen mengatakan kalau dia dan timnya sangat senang dapat memenangkan balap. Terlebih, balapan ini merupakan balapan ke-50 tim Red Bull Racing bersama Honda, yang dimulai sejak 2019.

“Meskipun kami akui, hari ini tidak seperti yang diinginkan oleh siapa pun. Terutama pada start ke-50 kami dengan Honda. Ke depannya, kami terus mencoba untuk kembali memimpin kejuaraan. Saya yakin kami memiliki mobil yang bagus, dan perjalanan kami masih panjang. Jadi kami hanya perlu memastikan, supaya kami bisa mendapatkan performa terbaik di sisa musim ini”, tuturnya.

Seri balap musim 2021 selanjutnya akan digelar pada akhir pekan ini, di Grand Prix Belanda. Tepatnya bertempat di sirkuit Zandvoort. Ini akan jadi balapan kandang pertama bagi Max Verstappen yang berkebangsaan Belanda. 

Dari klasemen pembalap, Verstappen saat ini masih menempati posisi kedua di bawah Hamilton. Dengan koleksi 199,5 poin, Verstappen hanya terpaut tiga poin dari pembalap Mercedes tersebut.

Di klasemen konstruktor, peluang Red Bull Racing Honda untuk keluar sebagai juara juga masih sangat terbuka. Red Bull yang menduduki posisi dua dengan 303,5 poin, hanya tertinggal tujuh angka dari Mercedes di puncak klasemen.


(acf)