Raih Podium GP Turki, Verstappen Gusur Hamilton dari Puncak Klasemen F1 2021

Pembalap Red Bull Honda Max Verstappen meraih podium di F1 GP Turki 2021 (Foto: IG Honda Racing)
Pembalap Red Bull Honda Max Verstappen meraih podium di F1 GP Turki 2021 (Foto: IG Honda Racing)

Autogear.id - Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, sukses meraih podium pertama pada kejuaraan Formula 1 Grand Prix (F1 GP) Turki. Kejuaraan F1 GP yang berlangsung di Istanbul Turki, Minggu (10/10) itu menjadi raihan kemenangan perdana Bottas sepanjang musim 2021.

Selain Bottas, dua pembalap yang mengisi podium berasal dari tim Red Bull Racing, yakni Max Verstappen dan Sergio Perez. Verstappen meraih podium kedua, sedangkan Perez menyabet posisi ketiga.

Sementara itu, Lewis Hamilton sebagai salah satu kandidat juara F1 GP, yang juga asal tim Mercedes sama dengan Bottas, kiranya perlu berbesar hati. Hamilton harus puas bisa finis di urutan ke-5 setelah memulai balapan dari posisi ke-11.

Kedua pembalap tim Red Bull Racing Honda, Verstappen dan Perez mempersembahkan podium ganda untuk kedua kalinya. Tim tersebut sebelumnya berhasil menempatkan kedua pembalapnya di podium pada F1 GP Prancis beberapa waktu lalu.

Meskipun harus bertarung di lintasan yang licin dan basah, para pengisi podium tersebut berhasil menuntaskan 58 putaran dengan sangat baik. 

Bicara dua pembalap tim Red Bull Racing, Verstappen memulai awal balapan di posisi kedua. Di depan pembalap Scuderia AlphaTauri Pierre Gasly, yang berada di posisi keempat. Sementara Perez melaju di posisi keenam.

Verstappen sukses mempertahankan posisi keduanya hingga garis finis. Adapun Perez mempertahankan posisi dari bayang-bayang Hamilton. 

Pembalap asal Meksiko tersebut kemudian juga berhasil mendahului Charles Leclerc, untuk memperebutkan posisi ketiga yang kemudian diraihnya.

Verstappen mengatakan, sebagai sebuah tim, finis kedua dan ketiga di sini adalah hasil yang luar biasa. 

Menurutnya balapan kali ini adalah tentang manajemen ban, untuk memastikan ban bertahan sampai akhir. Yang berarti ini bukan balapan yang paling menyenangkan untuk dilakukan.

“Namun demikian, saya pikir kami telah berjuang dengan maksimal hari ini, dan kami akan terus berjuang dan lebih kompetitif di balapan mendatang”, ujar pembalap asal negeri Kincir Angin, Belanda ini.

Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda F1 mengatakan, senang rasanya melihat kedua pembalap Red Bull Racing Honda naik podium dengan kostum balap livery spesial mereka.

Meskipun menurutnya, awalnya kejuaraan kali ini dimaksudkan untuk menjadi Grand Prix Jepang, dimana kedua tim kami sangat termotivasi untuk menang. 

“Kami berharap para penggemar kami di Jepang senang melihat mobil bertenaga Honda finis dengan podium ganda dan tiga pembalap di enam besar”, tukasnya.

Namun yang pasti kata Tanabe, ini adalah hasil sangat bagus. Tinggal enam balapan tersisa, terbagi antara Amerika dan Timur Tengah. “Kami akan terus berupaya melakukan yang terbaik”, terangnya. 

Lewat raihan podium F1 GP Turki, Verstappen kembali menempati posisi puncak klasemen sementara, menggeser posisi Hamilton. Dia unggul enam poin dengan perolehan 262 poin.


(acf)