Sejarah Otomotif

Nissan Tama, Mobil Listrik Produksi Tahun 1947

Nissan Tama, mobil listrik pertama Nissan yang dibuat pada tahun 1947. nissan global
Nissan Tama, mobil listrik pertama Nissan yang dibuat pada tahun 1947. nissan global

Autogear.id: Tidak banyak orang tahu kalau mobil listrik (Electric Vehicle) sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu. Bahkan sejarah otomotif Jepang mencatatkan, kendaraan listrik pertama pernah dibuat pada tahun 1947 usai Jepang kalah dalam Perang Dunia II. 

Tahun 1947, Jepang mengalami kelangkaan pada minyak bumi, serta makanan, namun persediaan listrik tetap tercukupi dikarenakan sedikitnya peralatan rumah atau penggunaan massal dari listrik pada saat itu. 

Para teknisi memanfaatkan situasi tersebut untuk menyalurkan kreativitas mereka dengan membuat kendaraan listrik pertama, sebuah prototipe kendaraan listrik 2-seater (kapasitas muatan 500kg) dengan mesin 4.5hp dan desain bodi yang terbaru. Model EV ini diberi nama Nissan ‘Tama’, diambil dari nama lokasi pabrik pembuatannya. 

Desain dan konstruksi dari kendaraan unik tersebut meliputi ide-ide istimewa, seperti kompartemen baterai yang dipasang di dalam lantai kabin mobil. 

Lahirnya mobil listrik Tama juga membuktikan keinginan besar Jepang untuk segera bangkit dari keterpurukan pasca hancur lebur saat Perang Dunia II. Dengan keterbatasan sumber daya, teknisi Jepang justru berhasil menciptakan produk yang saat ini menjadi kebutuhan masa depan. 


(uda)