Balap Motor

Setelah Ancol dan BSD, Street Race Polri Merembet ke Bekasi

Rambah lokasi baru pelaksanaan balap, Bekasi tertarik wadahi para pembalap liar dengan cara begini. SahabatEnduro
Rambah lokasi baru pelaksanaan balap, Bekasi tertarik wadahi para pembalap liar dengan cara begini. SahabatEnduro

Autogear.id – Kegiatan street race, yang terinspirasi dari balap liar, dan beberapa waktu belakangan mulai diwadahi pihak Kepolisian Republik Indonesia, kiranya terus bergulir. Bahkan antusiasme peserta dan penonton tampaknya semakin tinggi pada street race.

Terbukti, pada akhir pekan ini (18-19/6/2022), ajang street race seri ketiga kembali digelar Polda Metro Jaya. Bertajuk ‘Fastron Enduro Street Race Polda Metro Jaya’, kegiatan tersebut mengambil lokasi di area parkir Central Park Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dikabarkan, pendaftar yang ingin ikut serta dalam street race tersebut telah tembus lebih dari 1.100 peserta. Padahal Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Komisaris Polisi Arga Dija Putra, seperti dikutip dari Kompas.com, menargetkan 700 peserta. Itupun target yang hadir pada hari pertama gelaran.

"Untuk target pebalap sebanyak 700 peserta, dan kemudian penonton per hari diperkirakan sebanyak 2.500 penonton," ucap Arga Dija dalam keterangannya, Kamis (16/6/2022). Lebih lanjut dikatakannya, penonton yang ingin menyaksikan secara langsung perhelatan street race, dapat membeli tiket melalui situs Loket.com. Tiket dijual dengan harga mulai dari Rp25.000 sampai Rp50.000.

Baca Juga:
Pioneer Perbarui A Series, Buat Middle to Low yang Mau Upgrade Audio

"Kemudian untuk pendaftaran peserta, itu sudah dibuka sejak 15 Juni 2022," tutur Arga. Dalam kegiatan street race Bekasi ini, selain konten balap, pihak kepolisian juga menyelenggarakan konser musik, sebagai sarana penghibur penonton yang datang sekaligus menambah meriah acara.

Rencananya, Souljah sebagai salah satu band Tanah Air bergenre reggae akan tampil pada hari pertama pelaksanaan street race. Sementara di hari kedua, akan ada band Rocket Rockers, sekalian sebagai pengisi acara penutup dari gelaran street race di Bekasi.

Sekadar informasi, ajang balap liar yang difasilitasi Polda Metro Jaya, dan dilakukan guna menekan angka balap liar di wilayah Jakarta dan sekitarnya ini pertama kali berlangsung di area Ancol, Jakarta Utara, 16 Januari 2022. Diikuti tak kurang 350 peserta. Setelah street race Ancol, polisi kembali menggelar acara sejenis di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, pada 22 - 24 April 2022. Pada street race kedua itu, balapan bukan hanya digelar untuk roda dua, melainkan juga mobil, dimana total peserta mencapai 657 starter.


(uda)