Motor Baru

Intelligo, Penyegaran dari TVS Callisto yang Masih Berkutat di Kelas 110cc

TVS masih setia mainkan segmen skutik dengan kapasitas mesin 110cc, Callisto jadi andalan baru mereka. AG-Alun
TVS masih setia mainkan segmen skutik dengan kapasitas mesin 110cc, Callisto jadi andalan baru mereka. AG-Alun

Autogear.id – Masih mempertahankan matik kelas 110cc, PT TVS - Motor Company Indonesia kembali menghadirkan line up terbaru dari keluarga Callisto 110cc, yakni Callisto Intelligo. Skutik berpenampilan retro, yang kini dikatakan pihak TVS sudah menggendong fitur teknologi SmartXonnect.

DGM Marketing TVS Motor Indonesia, Rizal Tandju mengatakan, motor terbaru ini boleh dikatakan menjadi satu-satunya skutik bermesin 110cc ET- Fi di Indonesia, yang menyediakan konsol digital serta navigasi. “Fitur utamanya, yakni SmartXonnect, merupakan fitur standar untuk varian top-of-the-line produk kami,” ungkapnya di sela-sela peluncuran model teranyar ini di arena Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023, Senin (19/6) petang.

Platform SmartXonnect diakui sebagai teknologi yang dapat mengoneksi smartphone via bluetooth, melalui aplikasi seluler TVS Connect yang tersedia di Android dan iOS. Intelligo sendiri merupakan teknologi start stop sistem secara otomotis. Artinya mesin dapat mati secara otomatis, ketika motor berhenti beberapa detik.

Pengendara hanya perlu menarik tuas rem dan menaikkan kecepatan, untuk melanjutkan perjalanan berkendara di jalan raya. Roda dua merek India yang kini dibuat di Indonesia ini juga dilengkapi i-Touch start, dengan mengusung teknologi Integrated Starter Generator. Sebuah teknologi yang memang tidaklah tergolong baru sekali, namun dapat membantu menghidupkan mesin secara instan dan sunyi. Serta meningkatkan masa pakai aki.

Baca Juga:
Intip Cara Kerja Strainer di Kendaraan Niaga Berstandar Emisi Euro4

Walaupun belum menerapkan teknologi Keyless, yaitu tanpa anak kunci untuk menstarter mesin kendaraan, tetapi tunggangan ini sudah menggunakan All-in-one-lock. Dikatakan fitur tersebut akan memudahkan pengendara karena menyalakan mesin, handle lock, seat lock, dan tutup tangki bahan bakar hanya dalam satu lubang kunci tunggal. 

Memandang dari sisi tampilannya, jiwa retro nya yang cukup solid tetap dipertahankan dengan kombinasi dual tone pada jok. Dibumbui sentuhan Smoke Grey pada windshield, dipadu spion bulat berlapis chrome. Mengangkat kesan lebih premium. Terkait ranah pencahayaan, headlamp LED yang ada pada kendaraan ini mampu memberikan pencahayaan yang lebih baik dan fokus.

Di samping itu, penggunaan body part berbahan metal juga menarik perhatian. Lantaran mesin 110cc nya harus membantu menggerakkan semplakan yang cenderung berbobot lebih berat, dibandingkan motor-motor yang berbahan fiber seperti kebanyakan.

Selama ini, yang juga menjadi keunggulan produk-produk TVS dibandingkan rival-rivalnya adalah bicara harga yang ramah di kantong. Intelligo ditawarkan dalam dua pilihan warna baru, tetap retro look, yaitu Aqua Tosca dan Moon Silver. Menyangkut harga, dipasarkan dengan harga Rp 20,5 juta on the road Jakarta.


(uda)