Mobil Baru

SUV Legenda Pajero, Tentang Rivalitasnya dengan Fortuner

SUV legenda Mitsubishi Pajero, tentang sejarah dan pertarungannya dengan Fortuner. MMKSI
SUV legenda Mitsubishi Pajero, tentang sejarah dan pertarungannya dengan Fortuner. MMKSI

Autogear.id – Belakangan ini Mitsubishi Pajero dikatakan sebagai rival terkuat dari Toyota Fortuner, dan masuk ke dalam segmen kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV). Beberapa waktu lalu, Motors Corporation (Mitsubishi Motors) secara resmi mengumumkan. Bahwasanya generasi pertama Mitsubishi Pajero, yang pertama kali diluncurkan pada 1982, dan dipasarkan dengan nama Montero di sejumlah negara. Telah terpilih sebagai salah satu mobil bersejarah.

Yup, kendaraan SUV premium tersebut baru-baru ini telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA), sebagai salah satu mobil bersejarah. Berkat kontribusinya yang besar, kepada sejarah otomotif Jepang.

Mobil ini pertama-tama diluncurkan, langsung diklaim sebagai mobil offroad 4WD lengkap. Dimana di dalamnya memadukan handling offroad yang mumpuni, namun tetap user friendly, menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. 

Mitsubishi Pajero diakui sejauh ini telah menerima antusiasme dan dukungan, dari konsumen yang tidak terhitung jumlahnya. Kendaraan ini dikabarkan telah membangun posisi solid sebagai salah satu pemimpin, dari kendaraan rekreasional. Juga menjadi mobil 4WD yang booming di Jepang saat itu. 

Baca Juga:
Bantu Palestina, Omesh Lelang Royal Enfield Kesayangannya

Sebanyak 3,25 juta unit Pajero telah diproduksi untuk empat generasi, hingga sayangnya produksi Pajero harus dihentikan pada 2021. Mitsubishi Pajero telah diekspor ke lebih dari 170 negara, dan dicintai oleh penggemarnya secara global. 

Di Jepang, Pajero telah menjadi salah satu model seri ikonik dari Mitsubishi Motors. Menambahkan model seperti Pajero Mini Kei Car ke dalam line up di 1994, model kompak SUV Pajero Junior di 1995, dan SUV kompak Pajero iO di tahun 1998.

Untuk arena motor sport, Pajero berkompetisi untuk pertama kalinya di Rally Dakar, yang telah memiliki reputasi sebagai rally raid terberat di dunia. Dimulai pada 1983, dan Pajero mengklaim kemenangan umum di 1985, yang menjadi kemenangan pertama untuk dan dengan kendaraan Jepang. 

Pajero berkompetisi di reli sebanyak 26 kali hingga 2009, dan meraih total 12 kemenangan keseluruhan. Termasuk tujuh kemenangan berturut-turut, mendemonstrasikan pengendalian di jalan dan durabilitas ketahanan yang sangat baik. 

Baca Juga:
United e-Motor Ekspor Motor Listrik ke Malaysia, Resmi Dijual Lho!

Pengetahuan dan keahlian didapatkan melalui pengalaman motor sports, dan dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tarik produk Pajero, serta model produksi lainnya. Teknologi all-wheel control, teknologi durabilitas dan teknologi keandalan tetap hidup sebagai teknologi inti, yang menjadikan kendaraan Mitsubishi Motors memiliki kekhasan karakter.

Saat ini, model Pajero Sport yang merupakan cross-country SUV meneruskan silsilahnya. Dijual di lebih dari 80 negara di dunia, berdasarkan keandalannya. Didukung teknologi ramah lingkungan, keamanan, ketenangan pikiran dan kenyamanan. 

Ke depannya Mitsubishi Motors, salah satunya didukung Mitsubishi Pajero Sport, berkomitmen akan terus menawarkan gaya hidup mobilitas yang memuaskan. Sekaligus membangkitkan jiwa petualang dari pengemudinya.


(uda)