MotoGP Aragon 2022

Quartararo Bakal Uji Rangka Baru di Sesi Latihan Bebas

Fabio Quartararo bakal melakukan uji coba rangka baru di sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Aragon. FB
Fabio Quartararo bakal melakukan uji coba rangka baru di sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Aragon. FB

Autogear.id - Usia melakukan sesi tes pasca MotoGP Misano dua pekan lalu, Fabio Quartararo merasa penting untuk mengetahui sejauh mana rangka baru yang sempat Ia tes saat itu, memberikan hasil bagus di sesi latihan bebas. Mengingat sesi latihan bebas di pekan balap MotoGP menghadirkan tantangan besar bagi para pembalap. 

Pembalap asal Prancis itu pun berpendapat bahwa tak ada salahnya mencoba rangka baru yang mungkin bisa membuat Ia lebih kompetitif di beberapa sirkuit seperti Motorland Aragon pekan ini. Mengingat, pada 4 seri pelaksanaan balap, Ia terlihat kalah telak dari pembalap dan tim Ducati yang kian paham akan setup di motornya.

"Sebenarnya saya sangat berharap bisa menggunakan mesin baru 2023 musim ini, tapi sepertinya itu sangat mustahil kami lakukan. Tapi ada jalan lain yang bisa kami tempuh yaitu melakukan uji coba di sesi latihan rangka baru yang telah kami tes sebelumnya. Saya merasa, rangka baru ini punya kesesuaian dengan beberapa area yang kami butuhkan meski ada juga sisi buruknya di beberapa area. Namun jelas kami harus mencobanya terlebih dahulu," papar Quartararo.

Namun sang juara dunia F1 2021 itu belum memastikan di sesi latihan bebas yang mana Ia akan mulai menguji rangka baru itu. Namun Ia terlihat cukup antusias, setidaknya ada penyemangat baru yang bisa Ia dapatkan. 

Baca Juga:
Bingung Beli Mobil Baru? Mending Coba Dulu Biar Ga Nyesel

Selain Quartararo, Marc Marquez yang akan mulai turun sejak di sesi latihan pertama juga menegaskan untuk menggunakan komponen bawaan yang ada di motornya. Paling tidak Ia harus mengetahui catatan waktu yang bisa Ia bukukan sebelum coba menggunakan komponen lain yang sempat Ia tes di Misano dua pekan sebelumnya.

"Memang itu lengan ayun yang berbeda dan bekerja sangat unik dari pada yang kami gunakan selama ini. Memang akan melahirkan hasil yang berbeda pula, mengingat komponen ini punya konsep yang berbeda. Tapi saya tak akan memastikan pakai itu sebelum menjalani sesi latihan bebas pertama. Namun ketika ada keinginan untuk mengaplikasikannya, ya komponen itu akan tersedia di garasi kami," ujar Marquez.

Pembalap lain yang dikabarkan mendapat keistimewaan di sirkuit ini, adalah Takaaki Nakagami. Dari keterangan yang dibeberkan CrashNet, bahwa pembalap asal Jepang itu bakal diberikan akses untuk menggunakan lengan ayun baru yang dipasok oleh Kalex itu.


(uda)