Regulasi MotoGP

Tahun Depan MotoGP Punya Sesi Sprint Race?

Dorna Sports bikin regulasi baru untuk mendukung Sprint Race di MotoGP 2022. RedBull CP
Dorna Sports bikin regulasi baru untuk mendukung Sprint Race di MotoGP 2022. RedBull CP

Autogear.id - Ada regulasi baru yang cukup mengejutkan bahwa perhelatan MotoGP untuk musim depan. Yaitu adanya sesi Sprint Race yang akan menggantikan posisi sesi latihan bebas keempat. Biasanya sesi latihan bebas keempat ini dilaksanakan pada Sabtu sore sebelum memasuki sesi kualifikasi, namun nanti Sprint Race akan berada di sore hari setelah kualifikasi.

Lalu seperti apa aturan pemberlakuannya? Menurut keterangan yang dirilis oleh Dorna Sports bahwa sesi Sprint Race ini berbeda dengan Sprint Race yang diberlakukan untuk ajang balap seperti Formula 1. Biasanya di F1 hanya diberlakukan di beberapa sirkuit saja. Namun di MotoGP ini akan diberlakukan setiap seri. 

Dalam keterangan tersebut, sesi Sprint Race ini juga takkan menggantikan sesi kualifikasi Q1 dan Q2 yang digunakan sebagai patron untuk menentukan siapa yang akan berada di posisi grid pertama pada balapan di hari Minggunya. Namun balap ini lebih hanya untuk membuat MotoGP punya daya tarik lebih sebelum sesi kualifikasi berlangsung.

Kemudian sistem poinnya juga akan diberikan setengah dari poin yang biasanya diberlakukan untuk sesi race Minggu. Namun sistem poin di Sprint Race ini tidak akan digabung ke poin total pembalap untuk kejuaraan di MotoGP. "Ini bukan kejuaraan dalam kejuaraan yang kami bikin terpisah. Tapi kami hanya mengubah sesi latihan bebas ketiga menjadi sesi race agar lebih menarik perhatian para penonton balap MotoGP," klaim Sporting Managing Director Dorna Sports, Carloz Ezpeleta. 

Baca Juga:
Hyundai Panen di GIIAS 2022, Stargazer Dominan dari Total 3,619 SPK

Carlos melanjutkan bahwa pemberian poin, itu juga hanya sebagai nilai historis saja. Jadi nantinya dalam profile masing-masing pembalap akan dicantumkan satu deret kolom lagi soal prestasi di sesi Sprint Race. Memang akan ada juga selebrasi dan podium di sesi ini, tapi tetap tidak akan dihitung dalam poin kejuaraan MotoGP dalam setahun.

Lantaran sesi latihan bebas keempat dihilangkan kini menjadi sesi Sprint Race, maka waktu pelaksanaan sesi latihan bebas ketiga pun jadi lebih singkat dari 45 menit menjadi 30 menit saja. Sementara untuk pelaksanaan sesi Spirnt Race akan digelar setengah dari jumlah lap race Minggu. Sebagai gantinya, sesi kualifikasi 1 dan 2 akan diperpanjang waktunya. 

Lalu apakah aturan ini juga akan diberlakukan untuk kelas Moto2 dan Moto3, sejauh ini Dorna Sports sepertinya hanya konsentrasi dengan aturan main di kelas MotoGP. Mengingat kelas ini yang mendatangkan penonton dan animo besar sebelum sesi balapan di hari Minggu setiap seri. 


(uda)