Riset dan Pengembangan Kendaraan

Hyundai Latih Keterampilan R&D Enam Pemasok Komponen Otomotif Lokal

RnD Hyundai lanjutkan pelatihan In-Depth Level di Hyundai Mobility Innovation Center, Deltamas, Cikarang. HMMI
RnD Hyundai lanjutkan pelatihan In-Depth Level di Hyundai Mobility Innovation Center, Deltamas, Cikarang. HMMI

Autogear.id - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) gelar pelatihan In-Depth Level R&D, kepada enam pemasok komponen otomotif lokal. Sebagai bagian dari rangkaian Indonesia Supplier R&D Improvement Program, yang telah dilakukan sejak 2021.
 
Setelah melalui Basic Level pada 2021 dan Advance Level pada awal 2022, HMMI lanjutkan pelatihan In-Depth Level di Hyundai Mobility Innovation Center, Deltamas, Cikarang. Menjawab antusiasme peserta, untuk dapat memperoleh pendidikan lebih lengkap. Serta kegiatan workshop melalui praktik lapangan.
 
Pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan pemasok dalam merancang komponen otomotif. Memvalidasi pengujian suku cadang mobil secara internal, menggunakan metode reverse engineering. Validasi internal dimaksudkan, agar pemasok memiliki parameter pengujian sendiri berdasarkan spesifikasi desain tanpa bantuan dari pihak eksternal.
 
President Director of PT HMMI Yoon Seok Choi mengatakan, Hyundai tak hanya menyediakan produk dan layanan inovatif untuk Indonesia. Tapi juga memberdayakan mitra pemasok local, dengan berbagi pengetahuan yang dibutuhkan.

Baca Juga:
Umumkan Lokasi Pabrik Baterai, Honda Siapkan 30 Model EV untuk Pasar Global

 
“Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan pemasok lokal, yang punya kemampuan lebih dari yang dimiliki saat ini sebagai produsen. Juga untuk lebih ekspansif dalam pengembangan kemampuan R&D tahap awal,” ujarnya.
 
Peserta Indonesia Supplier R&D Improvement Program berasal dari berbagai daerah Jabodetabek, Cirebon, dan Surabaya. Khusus di tahap In-Depth Level, Hyundai lakukan proses seleksi menyeluruh. Seperti kunjungan ke pemasok, dan melakukan penilaian pada tim R&D mereka. Demi memastikan bahwa para peserta sudah memiliki komitmen yang tinggi, untuk mengikuti program tersebut.
 
“Kami sangat senang para peserta dapat mengembangkan kemampuan R&D. Serta berpartisipasi dalam tahap pengembangan awal pembuatan mobil. Karena mengembangkan bisnis tak hanya di sektor manufaktur, tapi juga di sektor desain komponen otomotif," tambah Yoon Seok Choi.
 
Pelatihan dilakukan di Hyundai Mobility Innovation Center, fasilitas milik Hyundai Motor Asia Pacific, berlokasi di area HMMI. Fasilitas ini didirikan pada 2021, untuk mengembangkan suku cadang lokal dan teknologi kendaraan masa depan bagi Indonesia dan Asia Pasifik.

Baca Juga:
Berusia 5 Tahun, WOI Diajak untuk Tambah Dewasa

 
Hyundai Mobility Innovation Center dilengkapi MS Lab dengan total 64 perlengkapan evaluasi pengujian dan Engine Durability Test Lab. Untuk mengevaluasi mesin Gamma II yang diproduksi HMMI, dengan total 13 perlengkapan untuk melakukan pengujian hingga 300 jam.
 
Fungsi utama ruangan ini adalah untuk mengembangkan ragam produk dan verifikasi suku cadang yang sesuai untuk Asia Tenggara dan perusahaan lokal. Hyundai Mobility Innovation Center juga sediakan ruang Lab EV/Kolaborasi, untuk mendukung Industri EV Indonesia dengan menggandeng perguruan tinggi & perusahaan otomotif Indonesia, AP Quality Center, workshop kendaraan, dan ruang serbaguna.


(uda)