Pabrik Mobil

Umumkan Lokasi Pabrik Baterai, Honda Siapkan 30 Model EV untuk Pasar Global

Maraknya tren kendaraan berbasis elektrik, memastikan Honda Motor Co., Ltd. dan LG Energy Solution mengumumkan lokasi pabrik baterai untuk kendaraan listrik Honda. HMC
Maraknya tren kendaraan berbasis elektrik, memastikan Honda Motor Co., Ltd. dan LG Energy Solution mengumumkan lokasi pabrik baterai untuk kendaraan listrik Honda. HMC

Autogear.id – Maraknya tren kendaraan berbasis elektrik, memastikan Honda Motor Co., Ltd. dan LG Energy Solution mengumumkan lokasi pabrik baterai untuk kendaraan listrik Honda. Pabrik baterai tersebut rencananya berpusat di Fayette County, yang berada di Negara Bagian Ohio, Amerika Serikat. 

Dengan nilai total investasi sebesar $3,5 miliar, serta kapasitas target produksi mencapai 40GWh per tahun. Pabrik kolaborasi Honda dan LG itu dipersiapkan untuk dapat menyerap sekitar 2.200 tenaga kerja. Terutama tenaga kerja yang berasal dari Kota Fayette County dan wilayah sekitarnya. Kedua belah pihak sebelumnya meresmikan kerja sama produksi baterai kendaraan listrik melalui perjanjian kerja sama pada akhir Agustus tahun 2022.
 
Pabrik ini akan memproduksi jenis baterai pouch-type, yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara. Dijadwalkan, pabrik akan mulai dibangun pada awal tahun 2023, dengan menetapkan target produksi massal advanced lithium-ion battery cells pada akhir tahun 2025.
 
Executive Vice President of Advanced Automotive Battery Division LG Energy Solution, Dong-Myung Kim mengatakan, komitmen LG adalah menghasilkan produk dengan kualitas tinggi bersama Honda.“Selain itu, tentunya kami juga bersama-sama menciptakan lapangan pekerjaan, yang pastinya menguntungkan bagi kedua belah pihak,” terang Myung Kim.

Baca Juga:
Beli Mobil Baru Aja Bergaransi, Kok Berani Beli Mobil Bekas Tanpa Garansi?

 
Sementara Executive Vice President American Honda Motor Co., Inc., Bob Nelson mengatakan, Honda secara khusus mengucapkan terima kasih kepada para pejabat di Negara Bagian Ohio. “Khususnya Fayette County, Jefferson Township, Jeffersonville serta Washington Court House, yang telah menyambut baik proposal kerja sama antara Honda dan juga LG Energy Solution,” ujarnya.
 
Terkait penentuan lokasi pabrik baterainya tersebut, Honda juga telah menyampaikan rencana global untuk meluncurkan hingga 30 model mobil berbasis listrik, tepatnya dimulai pada tahun 2030. Adapun volume produksinya mencapai sekitar 2 (dua) juta unit setiap tahunnya.
 
Di samping itu, pabrikan Honda juga dikatakan terus berusaha mewujudkan netralitas karbon. Mencakup untuk semua lini produk, serta aktivitas perusahaannya pada tahun 2050 mendatang.


(uda)