MotoGP Thailand 2022

MotoGP Thailand Diguyur Hujan, Oliveira jadi Raja Sirkuit Basah

Miguel Oliveira kembali unjuk performa terbaik di kondisi trek basah MotoGP Thailand. Red Bull CP
Miguel Oliveira kembali unjuk performa terbaik di kondisi trek basah MotoGP Thailand. Red Bull CP

Autogear.id - Berlangsungnya MotoGP di Thailand pada Minggu (2/10/2022) cukup seru. Lantaran saat berlangsungnya kelas MotoGP, sirkuit malah diguyur hujan deras dan membuat direktur balap MotoGP menggeser jadwal pelaksanaan kelas paling bergengsi. Namun cukup mengagetkan juga lantaran kondisi hujan deras yang terjadi di Chang International Circuit, Buriram-Thailand, malah menjadi tempat pembuktian diri bagi Miguel Oliveira. 

Pembalap yang pernah menang di Sirkuit Mandalika dalam kondisi basah itu juga, kembali meraih hasil kompetitif di kondisi yang sama di MotoGP Thailand. Ini menjadi bukti bahwa Oliveira punya performa yang sangat wajib diperhitungkan dalam kondisi trek basah. Apalagi Ia juga punya sejarah merebut kemenangan ketika di MotoGP Austria berlangsung pada 2021 lalu.

"Saya juga selalu tidak menyangka selalu bisa tampil bagus dalam kondisi trek basah, ini menyenangkan karena kami bisa memasang asa bisa tampil kompetitif. Terutama di kondisi trek ekstrim seperti ini. Memang beberapa bagian sirkuit masih cukup basah, tapi beberapa lainnya sudah kering, membuat kami lebih optimis," papar Oliveira.

Jack Miller yang finish di urutan kedua, pasca kemenangan fenomenalnya di seri Motegi, Jepang sepekan sebelumnya, kini kembali membuka harapan untuk bisa bertarung di klasemen juara dunia. Mengingat selisih poinnya sekarang kian menipis dari Fabio Quartararo yang di seri ini malah tak memperoleh 1 poin pun.

Baca Juga:
Seseruan di Kustomfest, Slide On Sunday Komponen Apparel Lokal

"Tak mudah balapan dalam kondisi trek begini. Beberapa bagian sirkuit sudah kering dan membuat kami lebih nyaman. namun bagian lainnya masih basah dan membuat kami harus lebih berhati-hati agar tak terjatuh. Untuk mengejar Oliveira meraih kemenangan, itu juga tak mudah. Dalam kondisi seperti ini, kami sudah berada di batas maksimal yang kami bisa dan sangat berisiko jika memaksakan lebih," klaim Miller.

Namun pembalap yang meraih hasil yang sangat memuaskan meski tak meraih kemenangan justru dirasakan oleh Francesco Bagnaia. Pembalap asal Italia yang menunggangi Ducati GP22 itu, kini punya selisih poin tipis dari Quartararo yaitu 2 poin saja di klasemen pembalap. Ini bahkan membuka peluangnya untuk menjadi juara dunia semakin besar. Namun dengan catatan Ia harus tampil kompetitif di 3 seri tersisa musim ini.

"Baru kali ini finish di podium serasa meraih kemenangan karena baru kali ini finish di podium kondisi hujan. Dengna selisih poin yang ada di klasemen sekarang, ini membuat saya sangat-sangat senang. Setidaknya bisa lebih rileks memikirkan strategi untuk meraih kemenangan di seri selanjutnya," ujarnya.

Hasil MotoGP Thailand 2022:
1. Miguel Oliveira, POR, Red Bull KTM
2. Jack Miller, AUS, Ducati Corse
3. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse


(uda)