Mobil Baru

All New Ertiga Hybrid Nongol, Diklaim Pelopor Low MPV Hybrid?

Suzuki percaya diri luncurkan teknologi baru di kelas Low MPV melalui All New Ertiga Hybrid. AG-S Alun S
Suzuki percaya diri luncurkan teknologi baru di kelas Low MPV melalui All New Ertiga Hybrid. AG-S Alun S

Autogear.id - Fakta tentang kendaraan listrik yang mulai mendapat perhatian besar di pasar otomotif Tanah Air, memang membuat beberapa pabrikan langsung melakukan perhatian khusus terhadap teknologinya. Bahkan baru-baru ini 5 brand membuat kesepakatan untuk mulai bekerja sama mempercepat ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepertinya masih setiap dengan tahap pengembangan teknologi hybrid-nya. Melalui peluncuran All New Ertiga Hybrid yang diklaim memiliki bekal teknologi pintar Suzuki Smart Hybrid, Mobil ini resmi menjadi mobil elektrifikasi pertama di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang diproduksi di dalam negeri. 

Lalu mengapa Suzuki masih memilih teknologi hybrid ketika beberapa merek otomotif mulai mengencangkan riset mobil full listrik bahkan ada yang sudah dijual secara resmi. President Director Suzuki Indonesia, Shingo Sezaki, kehadiran All New Ertiga Hybrid adalah sebuah komitmen kuat brand itu dalam menggabungkan kemajuan teknologi elektrifikasi otomotif namun dengan harga yang cocok untuk masyarakat segmentasi yang dituju. 

“Kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan terus meningkat. Tapi di sisi lain, mobil-mobil elektrifikasi yang ada saat ini harganya di atas daya beli mayoritas. Studi yang komprehensif tren teknologi dan kebutuhan masyarakat Indonesia, lahirlah All New Ertiga Hybrid yang menawarkan manfaat mobil elektrifikasi dan efisiensi bahan bakar tapi dengan harga yang sangat kompetitif,” katanya Shingo, di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta pada Jumat (10/6/2022).

Baca Juga:
Sekelumit Kisah Eril Putra Kang Emil, Pernah Sewakan Karmann Ghia

Ditambahkan oleh Deputy Director Sales & Marketing 4W PT SIS, Hady S Halim mengatakan bahwa ini adalah salah satu cara mereka untuk mengakali naiknya harga bahan bakar yang cukup tinggi. Hady menegaskan bahwa bagian yang akan sangat perubahannya adalah pada kondisi macet. 

“Kenaikan harga bahan bakar yang terus terjadi, mobil ini adalah pilihan pintar untuk kondisi ini. Manfaatnya akan terasa optimal saat digunakan dalam kondisi kemacetan. Dilengkapi berbagai fitur terbaru seperti cruise control, ESP, dan smart phone mirroring technology yang akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara.”

Kelebihan yang disebutkan oleh Hady ini, jika ditelisik lebih jauh di produk rivalnya, memang unggul telak. Lantaran belum ada mobil low MPV yang memainkan teknologi seperti itu. Apakah ini bakal jadi raw model untuk LMPV berteknologi hybrid dari brand lainnya? 

Menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery. ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.  

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport. Berikut harga On The Road All New Ertiga Hybrid untuk wilayah Jakarta bulan Juni 2022:
All New Ertiga Hybrid SS-AT    Rp292.300.000
All New Ertiga Hybrid SS-MT    Rp281.300.000
All New Ertiga Hybrid GX-AT    Rp281.300.000
All New Ertiga Hybrid GX-MT     Rp270.300.000


(uda)