Kendaraan Listrik

Kolaborasi Kampus dan Industri Motor Listrik Genjot Ekosistem EV

PT Green Tech Electric Automotif (Green Tech) bakal siapkan sistem pengisian baterai untuk kendaraan listrik. GT
PT Green Tech Electric Automotif (Green Tech) bakal siapkan sistem pengisian baterai untuk kendaraan listrik. GT

Autogear.id – Kolaborasi dalam mewujudkan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di tanah air, kian gencar dilakukan sejumlah pihak terkait. Seperti yang dilakukan PT Green Tech Electric Automotif (Green Tech), ketika beberapa waktu lalu sepakat menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi PLN (ITPLN).

Direktur PT Green Tech Electric Automotif, Santoso Januwarsono mengatakan, kerja sama ini merupakan pengembangan motor listrik yang pertama kali dilakukan ITPLN dengan perusahaan motor listrik.

“Kerja sama saling menguntungkan ini diharapkan mampu membuat ITPLN semakin maju dan dikenal. Tujuannya untuk pengembangan dan penelitian motor listrik. Ke depan, kami sepakat melakukan pengembangan lebih lanjut, seperti baterai kendaraan listrik,” jelas pria yang akrab disapa Janu.

Dia menambahkan, sebagai produsen motor listrik, perusahaannya saat ini telah membangun aplikasi ojek online berbasis motor listrik, yaitu e-trans. “Kami juga menyasar pangsa pasar mahasiswa, kami berikan penawaran harga khusus dan fasilitas angsuran menarik bagi mahasiswa yang ingin punya motor listrik ini,” kata Janu.

Baca Juga:
Pasar Otomotif Indonesia Memang Beda, Tanpa Showroom Aja, Volvo Sudah Jual 100 Unit Lho!

Hal senada disampaikan Wakil Rektor IV ITPLN Unit Bisnis, Pawenary, ITPLN mengapresiasi jalinan kerja sama ini. “Apa yang kami sepakati merupakan bentuk win-win solution, saling menguntungkan antara ITPLN dan Green Tech,” ujarnya.

Dia menambahkan, ini merupakan kerja sama pertama bagi kampusnya, dengan pabrikan atau assembling kendaraan listrik. Wujud penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat).

“Mahasiswa dan dosen dapat melakukan penelitian lebih mendalam tentang motor listrik. Seperti melakukan penelitian dan pengembangan baterainya,” jelasnya.

Dia menambahkan, ke depan pihaknya mengusulkan membangun bengkel konversi untuk servis dan perawatan motor listrik. “Kami juga berencana mengembangkan platform digital untuk kebutuhan start up tentang kendaraan listrik,” terang Pawenary. Sebagai informasi, merek ini mulai meramaikan pasar motor listrik di Indonesia, dengan kliam memproduksi 1.000 unit/hari, atau sekitar 300 - 400 ribu/tahun.

Baca Juga:
Begini Cara Cerdik United E-Motor Ajak Orang Beralih ke Motor Listrik

Mengklaim diri sebagai satu-satunya motor listrik, yang akan menggunakan baterai buatan Tanah Air, yaitu KK Baterai yang disuplai PT KKBrothers. Dimana saat ini merek tersebut menggunakan dua jenis baterai, Super Graphene dan Lithium.

Ada delapan tipe motor yang mereka produksi, yaitu VP, Meta, Aero, Ranger, Scood, Hurricane, Unity dan Sporty. Rencananya, perusahaan motor listrik ini juga bakal mengembangkan kendaraan listrik beroda tiga, untuk keperluan pengangkutan barang, sampah dan lainnya.


(uda)