Dakar Rally Etape-8 Motor

Hero Buka Kemenangan di Dakar 2023 Lewat Ross Branch

Ross Branch buka kemenangan buat Hero Motorsport Rally Team, sayangnya selisih di klasemen terlalu jauh. DR
Ross Branch buka kemenangan buat Hero Motorsport Rally Team, sayangnya selisih di klasemen terlalu jauh. DR

Autogear.id - Keikutsertaan Hero di ajang balap Dakar Rally 2023, jadi sebuah konsistensi besar bagi pabrikan asal India itu untuk memperkenalkan motor terbaik mereka di ajang balap paling ganas dunia ini. Komitmen mereka pun tak sia-sia, lantaran Ross Branch akhirnya sanggup memberikan kemenangan etape di hari kedelapan pelaksanaan ajang balap ini pada Minggu (8/1/2023).

Ia mencetak kemenangan setelah melalui trek sepanjang 713 km termasuk 398 km etape spesialnya. Meski trek sempat di guyur hujan, namun efek positifnya adalah lintasan jadi lebih bersih dan tak terganggu oleh debu-debu yang ada di lintasan. Pereli yang pasang komitmen bersama Hero Motorsport itu pun merasa bahwa target mereka memang terlampau jauh. Tapi optmisme tetap tinggi.

"Pekan pertama di Dakar Rally adalah pekan yang buruk bagi kami. Tapi tim bekerja sangat keras dan optimis kami bisa meraih hasil bagus di paruh kedua pekan ini. Sebelumnya kami juga sempat kehabisan bahan bakar, dan ini jadi masalah yang sangat sepele. Tapi kemenangan di etape kedelapan ini membuat salah prediksi bahan bakar dari kami sedikit terobati," klaim Branch.

Baca Juga:
Pereli Audi Bertumbangan, Rajhi Bawa Toyota Kian Manguat

Posisi Branch di klasemen sementara memang sangat jauh yaitu berada di urutan 35 dengan selisih lebih dari 6 jam. Selisih menunjukkan bahwa tantangan di Dakar Rally memang harus dilalui dengan strategi apik. Bukan hanya dengan melihat satu etape saja untuk dimenangi.

Branch disusul oleh Daniel Sanders yang juga pernah memenangi etape awal. Kali ini selisihnya dari Branch adalah 3,15 menit dan tentu ini bukan selisih yang besar untuk pencapaian di Dakar. Kemudian Mason Klein menyusul di urutan ketiga dengan selisih yang tipis dari Sanders yaitu 18 detik saja.

Sedangkan persaingan di klasemen antara para pereli di kelas motor, cukup seru lantaran selisih waktunya tipis-tipis. Skyler Howes yang merupakan andalan dari Husqvarna Factory Racing, hanya unggul 13 detik dari Kevin Benavides yang membalap untuk tim Red Bull KTM Factory Racing juga selisih yang sama dengan Mason Klein. Sedangkan pereli tim Honda Pablo Quintanilla dan Adrien Van Beveren berada di urutan 5 dan 6. Mereka hanya sekitar 2 menit saja. 

Hasil Dakar Rally Motor Etape 8:
1. Ross Branch, Hero Motorsport Team Rally, 3 jam 46,18 menit
2. Daniel Sanders, Red Bull GasGasFactory Racing, +3,15 menit
3. Mason Klein, BAS World KTM Racing Team, +3,33 menit


(uda)