Infrastruktur Jalan

Libur Nataru, Astra Infra Kerahkan 1300 Personil di 8 Ruas Tol

Tol Astra Infra kerahkan 1300 personil untuk mengawal lalu lintas di momentum libur Natal dan Tahun Baru. Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Tol Astra Infra kerahkan 1300 personil untuk mengawal lalu lintas di momentum libur Natal dan Tahun Baru. Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja

Autogear.id – Astra Infra yang telah berkontribusi pada infrastruktur jalan tol sepanjang 396 km, menggelar kampanye Natal dan Tahun Baru (Nataru) Asri Berseri 2022. Melalui 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, Jombang - Mojokerto, Semarang - Solo, Surabaya - Mojokerto,  Pandaan - Malang, Kunciran - Serpong, dan Kebon Jeruk - Ulujami. Di mana Astra Infra telah melakukan persiapan menyeluruh untuk  para penggunanya.

Group COO Astra Infra Kris Ade Sudiyono menjelaskan, pada momen Nataru Asri Berseri 2022, juga telah disiapkan dukungan teknologi. Fokus pada kemudahan akses informasi untuk publik. “Kami juga lakukan live report di sejumlah lokasi strategis. Serta memonitor seluruh area, dengan teknologi surveillance selama 24 jam. Nantinya tim pendukung akan bereaksi, berdasarkan pantauan teknologi tadi,” ujarnya. 

Jelang libur Nataru kali ini Astra Infra telah menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) lebih dari 1.300 personil. Kick off nasional dilakukan lewat gelar pasukan, berpusat di Tol Cikopo - Palimanan. Adapun untuk layanan keamanan dan kenyamanan, telah disiapkan tak kurang 35 armada patroli jalan raya, 48 armada derek, 10 kendaraan rescue dan 20 ambulans.

Di samping itu, dipastikan setiap ruas tol yang dikelola, dalam kondisi baik. Dilengkapi infrastruktur, serta perangkat keamanan pendukung. Antara lain Speed Reducer, Variable Message Sign (VMS), lampu strobe, WIM (Weigh-in-motion), LiDAR (Light Detection Ranging), hingga ANPRR (Auto Numbering Plat Recognition).

Baca Juga:
Trabas Rute Abnormal, MJI Jamah Destinasi Wisata Perawan

Melengkapi hal itu, telah dilakukan penambahan 95 titik Analytics Camera. Sehingga total 756 Closed-Circuit Television (CCTV) dipastikan tersedia di beberapa ruas tol BUJT. Kris Ade menambahkan, meningkatkan pelayanan pengguna dalam perjalanan Nataru yang aman dan nyaman, dikembangkan inovasi teknologi aplikasi mobile info Astra Infra. 

Memberikan akses real time CCTV kepada publik, untuk mengetahui kondisi trafik terkini di ruas tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan dan Jombang - Mojokerto. Anggota grup Astra ini juga secara aktif juga memberikan informasi, seputar kondisi jalan tol, melalui live report di akun instagram media sosial BUJT.

Sekaligus senantiasa mengimbau pengguna jalan, agar tetap waspada dan hati-hati. Selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang terpasang. Contoh, kecepatan di jalan tol maksimal 100 km/jam dan minimal 60 km/jam, serta kondisi hujan maksimal 70 km/jam.

“Periksa kendaraan sebelum digunakan. Jaga tubuh tetap fit, tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara. Istirahat dan nikmati pemandangan, serta kuliner di rest area. Dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahannya,” pungkas Group CEO Astra Infra, Firman Yosafat Siregar.


(uda)