Dakar Rally Etape-5 Motor

Beveren Lanjutkan Kemenagan Etape Honda di Dakar 2023

Setelajh Barreda, Adrian Van Beveren jadi penyelamat dominasi Honda atas kemenangan etape di Dakar Rally etape kelima. HRC
Setelajh Barreda, Adrian Van Beveren jadi penyelamat dominasi Honda atas kemenangan etape di Dakar Rally etape kelima. HRC

Autogear.id - Setelah Joan Barreda Bort sanggup memberikan kemenangan dan menyetop dominasi para pereli yang menggunakan motor KTM, kini giliran Honda yang mulai tampil konsisten. Di etape kelima yang masih mengitari Ha'il sisi timur, menyajikan trek sepanjang total 645 km pada Kamis (5/1/2023). Meski cukup panjang, namun etape spesial yang tersaji hanya 373 km saja. 

Meski etape spesial yang tersaji lebih pendek dari etape sebelumnya, namun tantangan di wilayah timur Ha'il itu sangat besar. Selain sistem navigasi yang mengharuskan para pereli harus cerdas mencari jalan, juga karena trek yang sangat menantang. Banyaknya gundukan pasir dan rumput onta, membuat pereli ekstra kerja keras. 

Namun hal ini justru membawa keberuntungan bagi Adrian Van Beveren dengan memenangi etape kelima. Keunggulannya pun terbilang signifikan dari pereli tim KTM yang finish di urutan ketiga, yaitu 3,56 menit. Ia finish dengan selisih yang tipis dari rekan setimnya yaitu Jose Ignacio Cornejo F di urutan kedua dengan selisih hanya 13 detik saja.

Baca Juga:
Gokil, Honda Supra Disulap Jadi Truk Pick Up Mini Lawas!

"Etape ini sangat tricky, di mana sangat banyak jalur ynag bisa dilalui. Ini membuat bingung karena adalah beberapa pereli yang justru memotong dan akhirnya saya juga kembali ke jalur yang sama. Bahkan di beberapa titik, saya tak peduli meski tak menemukan jalur atau jejak ban lain. Tapi sistem navigasiku membaca arah yang tepat jadi saya tak peduli dan mereka akhirnya yang ikut," kisah Van Beveren usai memenangi etape ini.

Sementara pereli tim KTM terdekat yang sanggup mengejar ketertinggalan waktu dari duo pereli Honda ini adalah Toby Price. Dengan selisih nyaris menyentuh 4 menit, membuat tugasnya lebih besar. Mengingat Ia malah menabrak Joan Barreda Bort yang terjatuh di depannya di awal etape. Ia juga sempat berhenti memastikan kondisi Barreda baik-baik saja.

Pereli yang memimpin klasemen yaitu Skyler Howes, kali ini sepertinya menjaga performanya agar tak melorot jauh. Ia pun harus puas finish di urutan 5 dengan selisih 5 menit. Meski demikian, posisinya masih sangat aman di klasemen. 

Hasil Dakar Rally Motor Etape 5:
1. Adrian Van Beveren, Monster Energy Honda Team, 4 jam 27,28 menit
2. Jose Ignacio Cornejo F, Monster Energy Honda Team, +13 detik
3. Toby Price, Red Bull KTM Factory Racing, +3,56 menit


(uda)