LEXi LX 155, Bodi dan Kubikasi Mesin Kini Sama-Sama Gambot

Yamaha menyegarkan varian skutik gambot LEXi, salah satunya dengan menambahkan kubikasi mesin menjadi 155 cc - YIMM
Yamaha menyegarkan varian skutik gambot LEXi, salah satunya dengan menambahkan kubikasi mesin menjadi 155 cc - YIMM

Autogear.id - Yamaha Motor Indonesia kembali melakukan pembaruan varian matiknya, LEXi LX 155. Pabrikan motor bermarkas di Pulogadung Jakarta Timur ini mengklaim, kalau skutik gambot ini merupakan generasi terbaru, dan mengusung mesin baru. Apa iya?

President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), Dyonisius Beti, menyebut, LEXi LX 155 hadir untuk menjawab keinginan konsumen yang butuh motor kelas premium, dengan performa optimal, serta karakter simpel dan praktis.

"Motor ini hadir bagi para pengendara aktif, yang ingin punya skutik premium simpel dan praktis buat dikendarai harian. Namun tetap punya performa optimal dari sisi mesin, fitur, juga kenyamanan," ujar Beti di Pati Unus, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Mesin Baru Gantikan 125 cc

YIMM bilang ada pembaruan pada motor ini? Apa pembaruannya? Dikatakan, yang utama adalah mesin 155cc, menggantikan mesin 125cc di generasi sebelumnya. Mesin baru ini sudah menggunakan teknologi Blue Core terbaru. Memiliki desain camshaft, piston dan head, serta jalur oli baru, membuatnya minim getaran.

Selain itu, jantung mekanisnya telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled. Berdasarkan ulasan Yamaha, mesin motor anyar ini mampu mengguyur tenaga 15,1 daya kuda @ 8.000 rpm dan torsi sebesar 14,2 Nm @ 6.500 rpm.

Bawa Desain MAXi

Kendaraan ini memboyong desain khas MAXi, yang kata pabrikan berlogo garputala tersebut, menggambarkan kesan sporty, elegan dan modern. Sektor lampu depan dan belakang juga memboyong desain baru, gunakan teknologi LED yang lebih terang dan awet. Kesan premium ditorehkan lewat blue lenses berbentuk V-Lines pada lampu depan. Selain itu, desain baru dari full LCD speedometer nya diklaim futuristik dan informatif.

Fungsionalitas & Kenyamanan

Masih mengusung lat footboard, kenyamanan berkendara didukung ruang kaki lega dan desain jok baru lebih rendah dan ramping untuk berkendara sendiri maupun boncengan. Kaki-kaki diperkuat Sub-Tank Suspension untuk peredaman optimal, siap melintasi berbagai kondisi jalan. Bannya menggunakan model tubeless dengan ukuran ban depan 90/90–14 inci dan 100/90–14 inci di belakang.

Teknologi MAXi

Sejumlah fitur khas MAXi Series mewarnai roda dua ini. Seperti Smart Key System yang dilengkapi juga dengan fitur Answer Back System. Konektivitas disematkan melalui aplikasi Y-Connect, yang terkoneksi dengan ponsel pintar. Lewat konektivitas ini, pengendara bisa  memperoleh informasi mengenai rekomendasi perawatan motor, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi.

Begitupula notifikasi pesan dan telpon masuk yang tampil pada speedometer, ranking berkendara terkait jarak tempuh (mileage) dan konsumsi bensin (eco point), riding log atau riwayat perjalanan serta Revs Dashboard berpenampilan atraktif.

Berapa harga motor baru ini? YIMM membanderolnya dengan harga on the road DKI Jakarta Rp29,9 juta untuk LEXi LX 155 Connected ABS. Kemudian LX 155 S Version Rp26,85 juta dan LX 155 Rp 25,35 juta.


(uda)