Mobil Baru

Resmi Melantai di GIIAS 2022, Hyundai Klaim Stargazer LMPV Tercanggih

Hyundai Starrgazer resmi melantai di GIIAS 2022, diklaim sebagai LMPV tercanggih saat ini. AG - Uda
Hyundai Starrgazer resmi melantai di GIIAS 2022, diklaim sebagai LMPV tercanggih saat ini. AG - Uda

Autogear.id - Hyundai Stargazer yang sejak sebulan terakhir jadi bahan gunjingan lantaran masuk ke kelas paling ramai peminat untuk kategori kendaraan keluarga di Indonesia, akhirnya resmi melantai di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil yang diproduksi di pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat itu benar-benar mencuri perhatian pada Kamis (11/8/2022). 

“Mobil ini telah dirancang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan masyarakat, dan kondisi jalanan di Indonesia. Peluncurannya menjadi tanda bahwa kami memberikan jawaban bagi gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar bepergian jauh bersama keluarga. Kami sangat berterima kasih atas sambutan yang positif untuk STARGAZER dari para pelanggan di Indonesia,” ujar President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, dilanjutkan oleh Chief Operating Officer PT HMI, Makmur, bahwa mereka sangat optimis kendaraan keluarga yang mereka perkenalkan ini bakal punya peluang besar di pasar otomotif Indonesia. "Kabin lapang dan pemanfaatan ruang yang maksimal, namun tetap mengutamakan kenyamanan jadi andalan di mobil ini. Tak hanya itu, juga lengkap dengan teknologi yang inovatif serta fitur keamanan terkini.”

Tampilan Eksterior yang Tangguh dan Mengesankan
Stargazer mengusung tipologi konsep kendaraan Sleek One Box yang membuat kendaraan ini tampak dinamis, ekspresif, dan futuristis. Ciri khas ini diperkuat dengan adanya Horizontal DRL yang melintang pada bagian depan kendaraan. 

Baca Juga:
GIIAS 2022 Resmi Dimulai, Kendaraan Listrik Fokus Utama

Pada bagian belakang kendaraan, mereka memperkuat identitasnya dengan Distinctive H Rear Lamp yang ikonik. Lampu belakang berbentuk huruf H memungkinkan mobil ini mudah dikenali meski tampak dari kejauhan. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, jarak sumbu roda sepanjang 2.780 mm, serta jarak overhang sisi depan 800 mm dan sisi belakang sepanjang 880 mm. 

Lebih lanjut, ground clearance setinggi 195 mm membuatnya semakin andal melalui kontur jalanan yang bergelombang dan berbatu.

Interior Lapang dengan Ruang Penyimpanan Praktis
Multifunctional Storage Space menjadi konsep utama dalam mendesain interiornya. Dengan konsep ini, mobil LMPV dari pabrikan Korea itu memaksimalkan ruang yang tersedia untuk penyimpanan, seperti adanya glove box, console tray, cup holder pada sisi pintu, dan lainnya. Banyaknya ruang penyimpanan yang praktis membuat ruang kabin jauh lebih lega tanpa mengurangi kenyamanan penumpang.

Performa Responsif dan Efisien
Mobil ini menawarkan 4 (empat) mode berkendara yang tersedia mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport. Masing-masing mode yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan pengguna mulai dari penggunaan bahan bakar lebih efisien dengan mode Eco hingga kebutuhan akselerasi dan performa yang lebih maksimal di mode Sport. Bahkan mobil ini dilengkapi dengan Remote Start Engine sehingga pengguna tidak perlu lagi memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin.

Baca Juga:
Toyota Kenalkan Mobil Listrik bZ4X dan Boyong Semua Model ke GIIAS 2022

Dari segi performa, mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm. Kemampuan tersebut membuktikan kinerja mesin yang disuguhkan tidak memerlukan penginjakan pedal gas yang dalam namun sudah siap memberikan dorongan instan dan responsif. 

Tentunya, responsivitas dan performa ini sangat cocok digunakan untuk kondisi jalanan di Indonesia.
Ditambah dengan adanya sistem Intelligent Variable Transmission (IVT), mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan dan irit bahan bakar. Sistem ini juga memberikan pergerakan kendaraan lebih mulus serta responsif dibandingkan transmisi jenis otomatis tradisional saat di perjalanan.

Fitur Keamanan dan Hyundai Smartsense
Bagian yang diklaim juga sangat canggih adalah fitur keamanan terkini yang meningkatkan pengalaman berkendara dengan lebih aman. Salah satu fitur yang dimiliki adalah Hill-Start Assist Control (HAC) yang dapat mencegah kendaraan mundur saat menyalakan mesin dari posisi berhenti di tanjakan. 

Lalu Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), merupakan fitur yang dirancang untuk membantu mendeteksi adanya kendaraan dari arah depan dan memperingatkan pengemudi bahwa akan terjadi potensi tabrakan. Jika diperlukan, fitur ini akan secara otomatis melakukan pengereman. Terdapat juga Lane Keeping Assist (LKA) yang dirancang untuk mendeteksi marka jalan atau tepi jalan saat berkendara di atas kecepatan tertentu. 

Baca Juga:
BMW Astra Fest Manfaatkan Hiruk Pikuk GIIAS, Target 327 SPK

Fitur ini akan memperingatkan pengemudi jika kendaraan menjauh dari jalur tanpa menggunakan lampu sein atau secara otomatis akan membantu pengemudi untuk mencegah kendaraan keluar jalur. Dan beberapa lagi yang lainnya. 

Hyundai Bluelink
Hyundai Motors Indonesia juga kembali menghadirkan teknologi inovatif, Hyundai Bluelink, sebuah inovasi Connected Car Service yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone. Fitur ini memberikan akses penuh kepada pemilik mobil untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, termasuk mengetahui di mana kendaraan terparkir.

Fitur unggulan Bluelink yakni tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA). Lalu ada juga Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.

Hyundai Stargazer tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Midnight Black Pearl, Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metalic, Titan Gray Metalic, Optic White Solid, Dragon Red Pearl dan Mangrove Brown Pearl. Kemudian juga tersedia dengan pilihan Two-Tone untuk varian Prime dan akan ada tambahan biaya Rp1.000.000 untuk Captain Seat yang tersedia untuk varian Trend, Style, dan Prime. 

Baca Juga:
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan Buka GIIAS 2022

STARGAZER tersedia dalam empat varian yaitu Active, Trend, Style dan Prime dengan pilihan harga (OTR Jakarta):
o STARGAZER Active MT: IDR 243,300,000,- 
o STARGAZER Active IVT: IDR 255,900,000,- 
o STARGAZER Trend MT: IDR 263,300,000,- 
o STARGAZER Trend IVT: IDR 275,900,000,- 
o STARGAZER Style: IDR 296,300,000,-
o STARGAZER Prime: IDR 307,100,000,-


(uda)