Mobil Baru

Porsche Penske Siapkan 963 Hybrid Baru untuk Bertarung

Tim Porsche Penske Motorsport sedang mempersiapkan Porsche 963 terbaru, untuk memburu dua kemenangan di dua ajang balap bergengsi dunia. Porsche INdonesia
Tim Porsche Penske Motorsport sedang mempersiapkan Porsche 963 terbaru, untuk memburu dua kemenangan di dua ajang balap bergengsi dunia. Porsche INdonesia

Autogear.id - Tim Porsche Penske Motorsport sedang mempersiapkan Porsche 963 terbaru, untuk memburu dua kemenangan di dua ajang balap bergengsi dunia. Dimana mulai tahun 2023, dua prototipe spesifikasi LMDh hybrid tersebut, bakal diterjunkan di FIA World Endurance Championship (WEC), Mannheim, Jerman dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship, di Mooresville, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Kendaraan balap yang diperkenalkan di Goodwood, Inggris, ini mengusung warna khas balap motor Porsche, yakni putih, merah dan hitam. "Setelah 7.889 kilometer uji coba, selama paruh pertama 2022, kami berada di posisi sangat baik. Tetapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan, sebelum awal musim depan," kata Wakil Presiden Porsche Penske Motorsport, Thomas Laudenbach.

Menurutnya, Porsche 963 baru mereka harus melanjutkan warisan model legendaris seperti 917, 935, 956, 962 dan 919 Hybrid. Pihaknya yakin akan berada di posisi menguntungkan dalam hal teknologi. “Kami juga telah menciptakan struktur tim yang relevan, mempersiapkan diri meraih kemenangan dalam persaingan seru dengan banyak pabrikan melalui konsep yang berbeda,” ucap Thomas.

Debut balapan resmi Porsche 963 direncanakan berlangsung Januari 2023 di Daytona 24 Hours di AS. Sementara itu, FIA WEC telah membuka pintu untuk pengujian, sebagai bagian dari balapan kejuaraan dunia yang akan datang tahun ini. Porsche Penske Motorsport sendiri menargetkan percobaan non-kompetitif, pada putaran final musim ini di Bahrain, November 2022.

Baca Juga:
Tahukah Anda? Penggunaan Nitrogen di Ban Awalnya buat Ban Pesawat!

Tim Porsche Penske menyiapkan total 4 unit 963 anyar, untuk balapan di Mooresville dan Mannheim. Di kokpit pembalap 500 kW (680 PS), pengemudi prototipe berpengalaman dan pemenang kejuaraan dipasangkan, dengan spesialis berpengalaman dari tim pengemudi Porsche. Adapun pebalap yang dipilih untuk balapan di WEC dan IMSA antara lain Kevin Estre (Prancis), Michael Christensen (Denmark), Andre Lotterer (Jerman), Laurens Vanthoor (Belgia), Matt Campbell (Australia ), Mathieu Jaminet (Prancis). Serta pembalap mobil sport berprestasi Dane Cameron (AS) dan Felipe Nasr (Brasil).

Pada fase pengembangan awal, Frederic Makowiecki memainkan peran kunci. Dimana selama peluncuran di Weissach pada Januari kemarin, pembalap Prancis itu mengemudikan meter pertama Porsche 963, dan melakukan putaran pertama di simulator. Pengumuman pebalap lainnya, termasuk untuk balap ketahanan di Daytona, Sebring dan Road Atlanta atau Petit Le Mans, dilakukan nanti.

Sesuai peraturan LMDh, Porsche 963 didasarkan pada sasis kategori LMP2 yang baru dikembangkan. Dipasok oleh perusahaan teknologi Kanada, Multimatic. Sementara Bosch, Williams Advanced Engineering dan Xtrac, menyumbangkan komponen hybrid standar.

Pada jantung powertrain mobil itu terletak 4.6-liter V8 Biturbo. Mesinnya didasarkan pada mobil sport hybrid 918 Spyder. DNA-nya kembali ke mobil balap RS Spyder, yang sukses membawa Porsche dan tim Penske meraih banyak kemenangan sepanjang 2005 dan 2008.

Baca Juga:
Dua Kondisi Penanda Sokbreker Motor Harus Ganti

Desain Porsche 963 baru berasal dari 956 dan 962 klasik, yang menang kejuaraan balap dari tahun 1980-an. Pada bagian belakang menggemakan fitur khas dari 911 generasi 992 terbaru. Untuk kampanye yang direncanakan di WEC dan IMSA, plus dua seri balap jarak jauh dunia termasuk Le Mans 24 Hours, Daytona 24 Hours dan 12 Hours of Sebring classics, tim Porsche Penske menggandeng Michelin demi melanjutkan aliansi eratnya.

Pembuat jam tangan mewah TAG Heuer juga bergabung dengan tim global, sebagai mitra waktu resmi tim Porsche Penske. Lalu merek fesyen Hugo Boss sebagai mitra dan penjual pakaian eceran tim. Tak ketinggalan, perusahaan gaya hidup olahraga Puma, sebagai mitra teknis pakaian balap tahan api.

“Porsche 963 harus dihomologasi musim gugur ini. Sampai saat itu, kami ingin membuat kemajuan lebih lanjut. Lewat uji coba untuk memperoleh wawasan tambahan. Tidak sabar untuk menunggu perjalanan pertama kami,” kata Direktur Factory Motorsport LMDh, Urs Kuratle.


(uda)