Tips Perawatan Aksesoris Otomotif

Begini Cara Merawat Sarung Mobil Tetap Awet dan Gress

Merawat cover kendaraan, jangan dilakukan sembarangan agar cover bisa awet. CS
Merawat cover kendaraan, jangan dilakukan sembarangan agar cover bisa awet. CS

Autogear.id – Aksesoris pendukung dari hadirnya sebuah kendaraan roda empat ini, acapkali memang kurang mendapat perhatian dari pemiliknya. Benda tersebut ialah sarung atau cover mobil. Sarung mobil sering sebatas digunakan sebagai pelindung mobil dari gesekan, kotoran, debu atau cuaca ekstrem yang dapat merusak lapisan cat pada mobil. 

Salah satu cara merawat bodi mobil agar tetap terlindungi, adalah dengan memilih sarung mobil berkualitas. Meski sudah memilih bahan berkualitas, tetap saja sarung mobil harus dijaga dan dirawat agar awet atau tahan lama. Salah satunya adalah membersihkan sarung mobil dengan benar. Berikut sejumlah cara jitu dalam merawat sarung mobil.
 
1. Bersihkan dengan Bahan Lembut
Usai dipakai, sarung mobil harus dibersihkan dengan bahan yang lembut. Seperti spons dan kanebo, terutama untuk cover mobil yang basah. Sedangkan untuk yang kering, pemilik bisa menggunakan kemoceng, agar terbebas dari debu.
 
2. Jangan Sering Dicuci
Sarung mobil tak boleh sering dicuci dengan sabun. Karena bisa menurunkan waterproof serta daya tahan coating anti airnya. Dapat menyebabkan air tak cepat turun, ketika sarung mobil tersiram hujan. CEO CoverSuper Indonesia, Ari Wibowo mengatakan, cover dapat dicuci jika ada noda atau kotoran yang menempel. Selain itu, cara pencuciannya juga cukup dengan air mengalir.

Baca Juga:
911 Dakar, Sport Dua Pintu Pertama Pelahap Gurun Pasir dan Danau Es

 
3. Pastikan Benar-benar Kering 
Setelah sarung mobil dicuci atau terkena air hujan, selalu pastikan dikeringkan hingga benar-benar kering. “Pasalnya banyak pemilik cover yang masih melupakan bagian penting ini. Padahal cara ini ampuh melindungi cover dari jamur dan bercak noda,” terang Ari.
 
Karena menurutnya jika masih ada embun, ketika dipakaikan menutupi mobil akan membuat bodi mobil basah. Berdampak mengakibatkan kerusakan pada cat mobil.
 
4. Gulung Sarung Mobil
Sesudah digunakan, pemilik juga harus memperhatikan bagaimana cara menyimpan dan melipatnya dengan benar. “Caranya mudah. Tarik sarung mobil dari depan dan belakang, lalu kumpulkan dari berbagai sisi ke atas mobil. Setelah itu lipat jadi satu dan gulung yang rapi,” jelasnya.
 
Demi memudahkan penyimpanannya, gunakan tas khusus. Atau bisa pilih produk CoverSuper, karena dilengkapi tas portable. Sehingga tak perlu repot untuk menyimpannya. Ditambah lagi, kata Ari, CoverSuper juga menyediakan sarung mobil dengan berbagai variasi warna dan bahan sesuai budget dan keinginan.

Baca Juga:
7 Langkah Sederhana Perawatan Sepeda Motor di Musim Hujan

 
“Tersedia 4 tipe cover berbeda, yaitu Xtreme Outdoor, Primesoft, Superior, dan Deluxe. Tipe paling digemari masih Xtreme Outdoor, karena ketahanan air dan panas tinggi serta anti jamur,” pungkasnya.


(uda)