Bisnis SPBU

SPBU Logo Kerang Bakal Tetap Gaspol Bangun Outlet di 2022

Bisnis SPBU Shell terus menunjukkan peningkatan di Indonesia. Mereka bahkan kian eksis dengan lahirnya SPBU Modular yang jadi model bisnis mereka untuk kota lapis kedua. Shell
Bisnis SPBU Shell terus menunjukkan peningkatan di Indonesia. Mereka bahkan kian eksis dengan lahirnya SPBU Modular yang jadi model bisnis mereka untuk kota lapis kedua. Shell

Autogear.id - Shell merupakan SPBU swasta yang sepertinya mulai banyak berdiri di berbagai daerah. Komitmen mereka untuk bersaing di penyaluran bahan bakar berkualitas di Indonesia, memang cukup besar. Tahun lalu, mereka bahkan sanggup membangun 30 SPBU yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. 

Terbangunnya 30 SPBU baru sepanjang tahun 2021 ini juga sekaligus menjadi penanda jumlah total SPBU mereka sudah terbangun sebanyak 167 titik hingga akhir Desember 2021. Terdapat kenaikan yang mereka catat dari tahun-tahun sebelumnya yaitu sebesar 22 persen dibandingkan 2020 lalu.

“Pengembangan jaringan merupakan wujud komitmen kami untuk memperluas akses masyarakat terhadap bahan bakar dan layanan kelas dunia yang kami tawarkan. Di saat yang sama, hal ini juga merupakan upaya kami untuk turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan komunitas di sekitar wilayah operasi kami," ujar Deputy Director dan Vice President Network Shell Mobility Indonesia, Ingrid Siburian melalui keterangan resminya hari ini Selasa (1/3/2022).

Hal ini sejalan dengan strategi Powering Progress Shell yang diluncurkan diawal tahun lalu. Di tahun 2021, kami menghadirkan SPBU Shell di beberapa wilayah baru seperti di Blitar, Pasuruan, Gresik dan Sidoarjo.”

Baca Juga:
Volvo Balik ke Indonesia, Bakal Eksis Jualan Mobil Listrik?

Dari total 30 SPBU yang mereka bangun di 2021, 7 di antaranya merupakan hasil dari Program Kemitraan Dealer. Program kemitraan ini memberikan kesempatan kepada para pengusaha dan investor untuk memiliki dan mengelola bisnis SPBU. Di 2022, Shell akan terus aktif memperluas bisnis SPBU-nya di berbagai daerah di Indonesia dengan menggandeng mitra pengusaha. 

Hingga saat ini jumlah SPBU Shell yang dimiliki oleh mitra pengusaha melalui Program Kemitraan Dealer telah mencapai 23 SPBU.

“Kami mengajak para pengusaha lokal untuk bersama-sama menggerakkan roda perekonomian daerah dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di Indonesia melalui bisnis SPBU. Melalui Program Kemitraan Dealer, Shell siap memberikan beragam dukungan kepada mitra bisnis kami untuk memiliki dan mengelola bisnis SPBU serta tumbuh bersama.” 

Selain SPBU konvensional, mereka juga terus mengembangkan SPBU Modular dengan nilai investasi yang lebih terjangkau. Sampai saat ini model SPBU yang khusus dirancang untuk pasar kota lapis kedua ini telah mencapai tujuh SPBU yang tersebar di Jombang (Jawa Timur), Cirebon (Jawa Barat), Syeh Quro (Karawang), Pasir Angin (Bogor), Serang Barat (Banten), Cilegon (Banten) dan Blitar (Jawa Timur). 

Baca Juga:
Boyong Ezra dan Amandio, Bikin MGP Racing Team Optimis di ISSOM

Dalam Program Kemitraan Dealer SPBU Shell, Mitra Dealer Shell memiliki kesempatan untuk membangun beragam bisnis Non-Fuel Retail (NFR) seperti convenience store, kedai kopi, restoran, bengkel, ATM center dan lain-lain yang pada akhirnya berkontribusi mendatangkan tambahan pemasukan bagi mitra dealer mereka diluar penjualan BBM. 

Tidak ada biaya royalti maupun biaya tambahan yang dikenakan atas keuntungan penjualan bisnis NFR milik mitra dealer mereka. Saat ini, area pengembangan bisnis SPBU ini di Indonesia mencakup DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara. 


(uda)