Awali Tahun, BP-AKR Buka Dua SPBU di Kebayoran Lama dan Sunter

Salah satu SPBU BP di Cikarang (Foto: IG BP Cikarang)
Salah satu SPBU BP di Cikarang (Foto: IG BP Cikarang)

Autogear.id – Menandai langkah ekspansif di awal tahun 2022, BP-AKR, sebuah perusahaan patungan antara BP dan PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA), meresmikan dua SPBU baru, di kawasan Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara.

Peresmiannya dilakukan secara simbolis, di SPBU terbaru BP yang berlokasi di Jl. Teuku Nyak Arief, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, yang mulai beroperasi 7 Januari 2022.

Berdasarkan urutannya, SPBU di Jl. Teuku Nyak Arief ini merupakan gerai kedua yang diresmikan. Setelah sebelumnya diresmikan juga di Jl. Danau Sunter Selatan No. 24, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan beroperasi pada 31 Desember 2021.

Masing-masing SPBU tersebut ke depannya akan dilengkapi berbagai fasilitas, seperti mini mart dan kedai kopi menggandeng mitra bisnis lokal.

Kedua SPBU yang diresmikan itu dikembangkan lewat skema COCO (Company Owned Company Operated). Dengan tambahan dua SPBU ini, Berarti BP-AKR telah memiliki 25 titik SPBU.

Suresh Vembu, Director of AKR Corporindo mengatakan, peresmian SPBU Teuku Nyak Arief menjadi langkah awal yang sangat penting bagi BP-AKR, untuk mengarungi tahun ke-4 beroperasi di Indonesia.

“Kami harap ekspansi dan pertumbuhan BP-AKR terus berlanjut. Sesuai misi mengembangkan dan menawarkan pengalaman berbeda bagi konsumen. Memanfaatkan kemampuan serta keahlian BP dan AKR di pasar ritel yang berkembang di Indonesia”, bebernya.

Hendra Lee, Vice President Aneka Petroindo Raya (APR) sebagai kepanjangan tangan BP di Indonesia menuturkan, sejak 2018 kerja sama AKR Corporindo dan BP di bisnis SPBU ritel ini terus menunjukkan pertumbuhan positif.

Menurutnya, tahun 2022 menjadi periode penting untuk BP-AKR, agar dapat mengakselerasi pertumbuhan dan terus mengembangkan jaringan SPBU di Indonesia guna memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM).

“Baik melalui skema COCO ataupun kemitraan dengan pengusaha lokal, yang biasa disebut DODO (Dealer Owned Dealer Operated)”, jelasnya.

Sementara itu, Vanda Laura, Marketing Director APR menambahkan, seiring perkembangan BP-AKR di Indonesia, pihaknya selalu menjaga komitmen. Memastikan kehadiran mereka dapat terus memberi dampak positif bagi masyarakat.

“Hal itu dimulai dari upaya kami menggandeng masyarakat lokal. Menjadi bagian ekosistem SPBU BP-AKR, mendukung kelestarian lingkungan. Sebagai misi BP secara global, untuk mencapai Net Zero”, katanya.

Untuk informasi, BP adalah salah satu perusahaan energi terintegrasi papan atas dunia. Menawarkan bahan bakar dan layanan terkait lain kepada konsumen, di lebih dari 18.000 lokasi ritel bermerek BP di dunia.

BP memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun, dalam mengeksplorasi, memproduksi, transportasi serta pemasaran minyak dan gas. Begitupula manufaktur dan pemasaran produk minyak, serta bahan bakar dan petrokimia.

Sejauh ini BP sudah beroperasi di Eropa, Amerika Utara dan Selatan, Australasia, Asia dan Afrika. Adapun di Indonesia, BP adalah salah satu investor asing proyek gas alam cair (LNG) Tangguh yang dioperasikan di Papua Barat.

Belakangan ini BP juga memiliki minat pada manufaktur petrokimia, melalui BP Petrochemical Indonesia. Serta pemasaran pelumas Castrol, dan usaha bahan bakar penerbangan patungan BP-AKR.


(acf)