Kolaborasi Dua Perusahaan Besar Ini Siapkan Teknologi Truk Swakemudi

Kolaborasi Goodyear dan perusahaan teknologi Plus membuat truk otonom (Foto: Ilustrasi Goodyear Tire & Rubber)
Kolaborasi Goodyear dan perusahaan teknologi Plus membuat truk otonom (Foto: Ilustrasi Goodyear Tire & Rubber)

Autogear. id - Sebuah data yang relatif lama, namun sepertinya masih mewakili kondisi saat ini. Menurut data 2018 dari Goodyear Tire & Rubber Company, kecelakaan yang melibatkan truk dan bus menyumbang angka tertinggi ketiga di Indonesia.

Data tersebut mendorong Goodyear mengumumkan kolaborasi strategis dengan Plus (sebelumnya Plus.ai). Yakni sebuah penyedia global teknologi truk swakemudi. 

Kerja sama tersebut dilakukan sebagai upaya menyediakan solusi truk otonom yang dioptimalkan. Sehingga dapat meningkatkan transformasi cerdas, dan terhubung untuk industri logistik.

Chris Helsel, SVP Global Operations & CTO Goodyear mengatakan, ban adalah satu-satunya komponen kendaraan yang menyentuh tanah. Dan posisi kritis inilah yang dapat membantu Goodyear memungkinkan solusi mobilitas masa depan seperti transportasi otonom.

“Melalui produk dan inovasi yang kami kedepankan, Goodyear mendukung operasi armada yang efisien dan sangat senang mendorong lebih banyak kesempatan menelisik kebutuhan industri logistik bersama Plus", ucap Chris.

Senada dengan Chris, Shawn Kerrigan, COO dan Co-founder Plus mengatakan, Plus terus mengeksplorasi peluang baru untuk menghasilkan nilai lebih bagi pelanggan, menggunakan teknologi mengemudi otonom. 

“Kolaborasi antara Plus dan Goodyear memungkinkan untuk memanfaatkan teknologi efisiensi bahan bakar yang inovatif dari kedua perusahaan. Masing-masing memanfaatkan kolaborasi ini untuk lebih meningkatkan kinerja truk otonom", jawab Shawn.

Secara lebih jauh dijelaskan, adanya kolaborasi ini membuat rangkaian layanan Goodyear, termasuk ban terkoneksi, akan semakin meningkatkan efisiensi dan keamanan transportasi. Terutama untuk truk semi yang didukung teknologi mengemudi otonom Level 4 Plus, sekaligus mengurangi dampak karbon dari gas buang.

Disamping itu, baik Goodyear maupun Plus akan sama-sama mengeksplorasi bagaimana sistem mengemudi otonom Plus dapat menggabungkan umpan balik.  Khususnya ban terhubung Goodyear, ke dalam efisiensi bahan bakar berbasis catatan mesin online (machine learning) oleh Plus. Tujuan besar dari hal ini tak lain adalah untuk lebih meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kiranya, dengan mengintegrasikan ban Goodyear dengan sistem mengemudi otonom Plus, juga dapat meningkatkan kinerja kendaraan secara keseluruhan, bahkan dalam cuaca buruk dan kondisi jalan yang ekstrem ketika dilalui.

Sejauh ini Plus juga sudah menerapkan solusi mengemudi otonom, yang berfokus pada pengemudi, namanya PlusDrive. Untuk pelanggan, solusi mengemudi otonom diharapkan sudah teraplikasi dalam produksi truk FAW J7 L3 (First Automobile Works) yang ditenagai PlusDrive pada kuartal ketiga tahun 2021.


(acf)