Modifikasi Motor

Yamaha XS 650 Anut Aliran Bobber Chopper

Yamaha XS 650 Bronx-Bronx bergaya Bobber Chopper. SM
Yamaha XS 650 Bronx-Bronx bergaya Bobber Chopper. SM

Jakarta: Masyarakat Kotagede, Yogyakarta, tampaknya tidak hanya terampil mengerjakan perhiasan berbahan perak. Nyatanya dari sini lahirlah Bronx-Bronx.
 
Bronx-Bronx adalah julukan sepeda motor Yamaha XS 650 custom milik Denny Shooter. Sepeda motor ini di-custom secara khusus dengan bantuan salah seorang builder asal Kotagede, Anto.
 
"Saya membuat sepeda motor ini dibantu oleh Anto dari Kotagede Yogyakarta. Dia bengkel rumahan, kita menyebutnya bengkel wong ndeso," jelas Denny melalui keterangan tertulisnya.

Awalnya Yamaha mendesain XS 650 dengan gaya cruiser untuk touring. Cuma di tangan Denny dan Anto, sepeda motor ini diubah bergaya bobber chopper.
 
Secara keseluruhan, sasis sepeda motor ini dibuat ulang dengan meggunakan pipa seamless. Kemudian mesin 654 cc bawaan pun disematkan kembali sebagai jantung pacunya.Kemudian agar lebih gagah perawakannya, Denny menggunakan suspensi depan milik Kawasaki W650. Di bagian kaki-kakinya di diperbesar dengan menggunakan ban belakang ukuran 21 inci.
 
Berubahanya ukuran kaki-kaki, juga memaksa Anto dan Denny meracik sendiri tromol depan dan belakang dengan basis milik Honda CBX 550. Agar tampil manis, bagian tromol depan dan belakang juga diukir dengan motif tribal.
 
Beberapa komponen juga di custom untuk menyesuaikan dengan konsep dan spefikasi sepeda motor dengan bahan plat galvanis. Sebut saja bagian tangki, spakbor depan dan belakang, dan beberapa aksen di bagan mesin.
 
Menonjolkan kesan mewah dan artistik, Denny dan Anto sepakat melaburnya dengan warna emas. Di beberapa bagian diberikan motif tribal untuk memberikan kesan lebih garah.
 
Spesifikasi Yamaha XS 650 1982 Custom:
- Frame Hardtail Chopper Rigid, Pipa Seamless tube
- Tromol set, Honda CBX550 custom engraved, manual proses
- Gastank Custom bahan Galvanis plat
- Front Suspensi: Kawasaki W650
- Back Fender Custom bahan Galvanis plat
- Seat model floating Bobber, bahan besi tebal dengan kombinasi engraved dan polishing
- Headlamp Aftermarket
- Handlebar, Seamless
- Paint custom dengan goldleaf proses by Hacka pinstriping
 


(uda)