Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Pentingnya Kenakan Sabuk Pengaman Saat Berkendara

Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Pentingnya Kenakan Sabuk Pengaman Saat Berkendara (Foto: cfarnsworth dari Pixabay)
Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Pentingnya Kenakan Sabuk Pengaman Saat Berkendara (Foto: cfarnsworth dari Pixabay)

Autogear.id - Selebriti tanah air Vanessa Angel meninggal dunia usai mengalami kecelakaan tunggal saat melintas di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672, Kamis (4/11/2021). Selain Vanessa, sang suami Febri Ardiansyah juga dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

Dalam kecelakaan maut tersebut, Vanessa diketahui duduk di kursi kedua bersama anaknya yang masih balita dan pengasuhnya. Sementara sang suami, Febri duduk di kursi depan. Dari video yang beredar sebelum insiden nahas tersebut, Vanessa terlihat tidak mengenakan sabuk pengaman.

Faktor inilah yang kemudian disinyalir jadi salah satu faktor yang membuat Vanessa Angel meninggal dunia. Dari olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan pihak kepolisian, Vanessa diketahui terpental keluar dari mobil Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar Ultimate 4x2 yang ditumpanginya.

BACA JUGA: Vanessa Angel Tewas Kecelakaan, Ini Spek Mobil yang Ditumpanginya

Menanggapi kecelakaan fatal yang membuat  Vanessa Angel dan Febri meninggal dunia, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menyebut hal tersebut terjadi karena ada pemahaman yang salah di masyarakat terkait penggunaan sabuk pengaman.

Sony mengatakan, selama ini masyarakat beranggapan bahwa penumpang yang duduk di kursi kedua, tidak perlu menggunakan sabuk pengaman, karena dinilai relatif lebih aman. Banyak masyarakat masih beranggapan bahwa apabila mengalami kecelakaan, penumpang depan yang parah.

"Nah, penumpang belakang ini tidak kalah penting pakai sabuk pengaman. Karena jika tidak pakai sabuk pengaman, dia akan bisa mencederai orang yang pakai sabuk pengaman, ujar Sony seperti dilansir dari Medcom.id.

"Jadi yang benar, semua penumpang yang ada di kabin pakai sabuk pengaman. Apabila tidak dipakai, maka efeknya seperti biji karambol dan kalau mobilnya terguling dia bisa keluar dari mobil tersebut," lanjutnya.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Airbag Mobil Tak Selalu Mengembang Ketika Terjadi Tabrakan

Sony menyebutkan sabuk pengaman atau safety belt merupakan primary resistance system alias fitur keamanan yang utama. Bahkan para produsen otomotif sekarang ini sudah melengkapi mobil-mobilnya dengan sabuk pengaman, mulai dari kursi depan, tengah, hingga belakang. 

"Sekarang safety belt itu gunanya untuk mengurangi risiko cedera bagi penggunanya. Paling tidak kalau terjadi kecelakaan, si penumpang tidak terpental atau meninggalkan tempat duduknya."

Pria yang sudah tahunan berkecimpung di dunia safety driving ini menyoroti masih banyak penumpang mobil yang enggan menggunakan sabuk pengaman. "Cuma, masalah kesadaran mereka menggunakan sabuk pengaman masih banyak yang berpikiran ribet, tidak penting, atau jarak dekat," tegas Sony.

Artikel ini sudah tayang di Medcom.id dengan judul: Belajar Dari Kecelakaan Vanessa Angel, Jangan Lupa Pakai Sabuk Pengaman


(acf)