Industri Otomotif

Pabrik Mobil dan Motor Perpanjang Periode Stop Produksi

Pemberlakuan PSBB paksa pabrik kendaraan stop produksi. dok medcom
Pemberlakuan PSBB paksa pabrik kendaraan stop produksi. dok medcom

Autogear.id: Suzuki Indonesia memutuskan untuk memperpanjang masa stop produksi di pabrik. Sebelumnya, sesuai himbuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Suzuki menghentikan kegiatan produksi selama dua pekan terhitung sejak 13 April hingga 24 April 2020, dan kini diperpanjang hingga 8 Mei 2020 mendatang. 

President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama mengatakan keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan keselamatan karyawan dan perkembangan regulasi terkini mengenai pandemi Covid-19. 

“Ini adalah langkah terbaik yang harus kami ambil demi kesehatan dan keselamatan semua pihak. Di samping itu, kebijakan ini adalah komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang menambah periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), karena itu kami akan memperpanjang penghentian sementara produksi di pabrik-pabrik Suzuki," kata Seiji Itayama dalam keterangan resminya. 

Meski demikian, untuk memenuhi permintaan pasar ekspor, bagian power train di pabrik Cakung dan Cikarang serta divisi motorcycle assembly di pabrik Tambun I tetap beroperasi hanya selama empat hari, yaitu dari 27 sampai 30 April 2020. 

Seluruh kegiatan operasional tersebut dipantau dengan ketat dan memenuhi regulasi pemerintah mengenai penerapan physical distancing. Selama perpanjangan periode penghentian sementara tersebut, Suzuki tetap akan memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Tak hanya Suzuki, beberapa pabrikan lain juga memilih langkah yang sama, seperti Daihatsu, Toyota, hingga Yamaha juga memperpanjang masa vakum produksi hingga menghentikan operasi beberapa diler demi mengikuti anjuran PSBB.


(uda)