Mobil Baru

New Ignis Indonesia Beda Spek dengan Versi India

New Ignis versi Indonesia beda spek dengan New Ignis versi India. suzuki
New Ignis versi Indonesia beda spek dengan New Ignis versi India. suzuki

Autogear.id: New Suzuki Ignis yang dijual di Indonesia merupakan model yang diproduksi di India. Akan tetapi New Ignis versi Indonesia dan India ternyata memiliki banyak perbedaan. 

Disela-sela peluncuran New Ignis, Kamis (9/4/2020) kemarin, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Saputra menjelaskan ada beberapa perbedaan salah satunya tipe mesin. 

“Mereka (India) sudah memiliki emisi dari Euro4 ke Euro5, sedangkan kita masih di Euro4. Karena emisi berbeda, jadi spesifikasinya berbeda antara Indonesia dan India,” kata Dony. 

Tak hanya itu, di bagian interior juga ada perbedaan. Misalnya untuk versi Indonesia menggunakan bahan material fabric. "Audio, dashboard juga berbeda," lanjut Dony. 

Ia menambahkan, pabrik Suzuki di India benar-benar mengakomodir permintaan Suzuki Indonesia yang menginginkan New Ignis dibuat lebih eksklusif. Pilihan warna New Ignis untuk pasar India lebih sedikit, tidak sebanyak pilihan warna versi Indonesia yang menawarkan 9 opsi baik single tone maupun dual tone. 

"Di Indonesia ada 9 pilihan warna Suzuki New Ignis, sementara di India tak sebanyak itu. Dan warna-warna yang ditawarkan pada versi India juga berbeda karena karakter konsumennya kita dengan mereka berbeda," ungkap Dony. 

New Ignis versi Indonesia mengusung mesin K12M 4 Cylinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc, tenaga 83 PS pada 6.000 rpm, torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. Mobil mungil ini hadir dengan 2 tipe yaitu GL dan GX dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS). 

New Ignis dibanderol dengan harga mulai dari Rp171 juta hingga Rp200 juta on the road Jabodetabek dan diklaim jadi kompetitor kuat untuk model lain seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, serta Honda Brio.


(uda)