Dakar Rally 2022 (Etape-3)

Kejutan Keren Motor 'Bollywood' di Etape-3

Joaquin Rodrigues bawa motor 'Bollywood' jadi pemenang etape-3 Dakar Rally Arab 2022. DR
Joaquin Rodrigues bawa motor 'Bollywood' jadi pemenang etape-3 Dakar Rally Arab 2022. DR

Autogear.id - Banyak orang yang memandang enteng performa Hero yang ikut serta dalam kompetisi Dakar Rally dari tahun ke tahun belum berbuah hasil manis di ajang balap terganas dunia itu. Namun hari ini menjadi sejarah bagi mereka. 

Sejak konsistensi Hero di ajang ini cukup besar dari tahun 2017, mereka mampu memperbaiki posisi finish dari tahun ke tahun. Dan kali ini di Dakar Rally Arab pada etape-3 yang menempuh jarak sekitar 636 km dengan etape spesial 255 km, menjadi pembuktian besar mereka. Motor produksi negara yang juga disebut Bollywood (India) itu, meraih hasil terbaik.

Hero merupakan brand sepeda motor asal India yang awalnya merupakan dealer terbesar Honda di negara itu. Seiring berjalannya waktu, Hero membuat ragam kendaraan sendiri hingga akhirnya memproduksi kendaraan khusus untuk kompetisi reli lintas negara. Motor diracik khusus bengkel khusus balap dari Jerman, yaitu Speedbrain.

"Etape ini adalah sangat menyenangkan bagiku. Sejak awal, saya menjalani ritme berkendara yang cukup stabil dan tak melakukan kesalahan sedikit pun. Tim di pabrikan dan juga bengkel tuner kami bekerja dengan sangat baik membuat motor yang sangat kompetitif ini. Ya ini adalah sejarah dan kami optimis bisa melaluinya dengan baik," klaim Rodrigues.

Baca Juga:
5 Tips Berkendara Motor Aman untuk Jarak Jauh

Melalui Joaquim Rodrigues, Ia mampu menundukkan para pereli legendaris dengan motor terkencang seperti KTM, Honda dan Yamaha. Sayangnya kemenangan Rodrigues ini masih terbilang tipis dari Toby Price yang menggunakan KTM yaitu hanya 1 menit 3 detik.

Jika dilihat dari selisih waktu finish, ini terbilang cukup rapat. Mengingat pereli yang finish di urutan ketiga yaitu Mason Klein pun hanya berjarak 1 menit 14 detik dari pemenang etape. Sedangkan Joan Barreda Bort yang di etape sebelumnya memenangi etape-2, kini hanya finish di urutan ke-24 dengan selisih 10 menit. 

Namun ketiga nama-nama pemenang di etape ini, belum ada yang masuk di urutan ketiga di klasemen sementara. Malah pereli Yamaha Adrien van Beveren yang belum meraih kemenangan etape masih setia nongkrong di urutan kedua. Sementara di urutan pertama klasemen sementara belum beranjak dari Sam Sunderland.

Hasil Dakar Rally Arab etape-3 (motor):
1. (PRT) JOAQUIM RODRIGUES, HERO MOTOSPORTS TEAM RALLY, 02H 34' 41''
2. (AUS) TOBY PRICE, RED BULL KTM FACTORY RACING, + 00H 01' 03''    
3. (USA) MASON KLEIN, BAS DAKAR KTM RACING TEAM, + 00H 01' 14'' 

Klasemen Dakar Rally Arab (motor):
1. Sam Sunderland, GasGas, 11:13:40
2. Adrien van Beveren, Yamaha, +00:00:04
3. Matthias Walkner, KTM, +00:01:30


(uda)