Tips Berkendara Aman

5 Tips Berkendara Motor Aman untuk Jarak Jauh

Berkendara sepeda motor untuk jarak tempuh yang cukup jauh dalam kondisi pandemi, wajib mematuhi beberapa hal. Simak ulasannya! RE
Berkendara sepeda motor untuk jarak tempuh yang cukup jauh dalam kondisi pandemi, wajib mematuhi beberapa hal. Simak ulasannya! RE

Autogear.id - Melakukan touring di tengah pandemi Covid-19 tentu menuntut persiapan dan kehati-hatian ekstra untuk memastikan perjalanan yang aman. Seperti yang dilakukan para bikers Dalam penyelenggaraan Tour of Indonesia, Royal Enfield turut mensosialisasikan pencegahan penularan Covid-19. Mereka juga berupaya membangun budaya berkendara dengan aman.

Lalu apa saja yang mereka lakukan agar perjalanan tersebut aman? Simak tips touring di masa pandemi Covid-19 yang diambil dari pengalaman Tour of Indonesia 2021:
1.    Memiliki komitmen yang sama
Touring dalam group menuntut komitmen untuk saling melindungi, baik saat berada di jalanan maupun off the bike. Dalam situasi pandemic -Covid-19, mindset “saling melindungi” sesama rekan touring menjadi lebih penting dari sebelumnya. 

Mindset ini akan menjadi panduan para rider dalam bertindak, melindungi diri dari paparan virus Ciovid-19 yang juga berarti melindungi seluruh rekan dalam perjalanan.
 
2.    Menjaga kebugaran tubuh selama perjalanan
Kondisi tubuh yang prima adalah perisai terbaik yang melindungi diri dari virus dan penyakit. Saat berada dalam perjalanan jarak jauh, kebugaran tubuh menjadi syarat paling penting. Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kebugaran tubuh. 

Tidur yang cukup, menjaga asupan makanan serta disiplin melakukan pemanasan ringan sebelum memulai perjalanan bisa membantu Anda menjaga kebugaran tubuh. 

3.    Membatasi interaksi di luar rombongan
Memastikan bahwa seluruh peserta touring dalam keadaan sehat saat bergabung adalah protokol kesehatan yang pertama harus dilakukan. Dalam prakteknya, seluruh peserta Tour of Indonesia harus melewati pengecekan kesehatan dan test antigen sebelum bergabung bersama peserta yang lain. 

Setelah semua peserta dipastikan sehat, menjadi tanggung jawab seluruh peserta touring untuk menjaga diri dan rekan perjalanan dengan cara membatasi interaksi dengan orang diluar rombongan.
 
4.    Melengkapi diri dengan new normal starter kit
Penting untuk membawa perlengkapan sanitasi dan pelindung diri pribadi seperti cairan pembersih tangan dan masker yang cukup sebagai perlindungan pertama bagi diri sendiri.

5.  Kepatuhan terdahap 3M adalah keharusan
Protokol kesehatan yang mencegah penularan Covid-19 harus tetap dijalankan di mana pun kita berada, termasuk saat melakukan perjalanan. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak adalah Tindakan pencegahan yang mutlak untuk terus dijalankan.

Tour of Indonesia 2021 menempuh perjalanan sepanjang 1.500 km dan diikuti oleh 40 pengendara Royal Enfield. Perjalanan 5 hari ini dimulai dari Bandung menuju Batukaras, Jawa Barat, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta, Malang, Bondowoso dan finis di Bali pada tanggal 20 November 2021. 


(uda)