Recall Mobil

Daihatsu Recall Rocky, Luxio dan GranMax, Apa yang Bermasalah?

Daihatsu recall Rocky, Luxio dan GranMax, apa yang bermasalah? ADM
Daihatsu recall Rocky, Luxio dan GranMax, apa yang bermasalah? ADM

Autogear.id – Produsen mobil Daihatsu di Indonesia mengumumkan program recall terhadap 3 (tiga) modelnya, yakni Rocky, GranMax, dan Luxio. Dalam program recall ini, Daihatsu mendapati sebanyak 9.378 unit model Rocky dengan periode produksi 28 April – 7 Oktober 2021 perlu dilakukan penguatan. Melalui penambahan titik area pengelasan, pada bagian dudukan shock absorber depan.

Karena berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara, ketika melewati kondisi jalan rusak di kecepatan tinggi. Yang mana akan menimbulkan bunyi abnormal, pada bagian dalam kap mobil. Bahkan hingga berpotensi terlepasnya komponen dudukan shock absorber tersebut.    

Sedangkan pada model GranMax dan Luxio, Daihatsu ingin melakukan pemrograman ulang pada komponen ECU mesin dari kedua model tersebut. Total mobil yang terkena pemrograman ulang pada komponen ECU mesin sebanyak 11.734 unit. Dengan periode produksi 9 September 2021 – 21 Januari 2022.

Mengenai fenomena yang umum ditemui pada unit terdampak tersebut di atas adalah RPM yang tidak stabil, mesin knocking, dan kinerja mesin yang tersendat hingga mati. Melalui pengumuman recall ini, Daihatsu merekomendasikan pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar program recall untuk dapat membawa kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, supaya dapat cepat ditangani tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Baca Juga:
Kejutan Performa Mesin 1,0 L TSI, T-Cross Layak jadi Jagoan Baru Volkswagen

Adapun untuk waktu proses perbaikannya, pada model Rocky akan berlangsung selama sekitar 10 jam kerja, serta untuk model GranMax dan Luxio sekitar 15 menit. Untuk prosedur recall, Daihatsu secara aktif akan menghubungi pelanggan yang kendaraannya masuk ke dalam program ini. Selain itu, pelanggan juga bisa memastikan secara mandiri apakah mobil Daihatsunya masuk ke dalam program ini atau tidak.

Caranya dengan mengunjungi website resmi daihatsu.co.id/recall dengan memasukan nomor rangka kendaraan, atau bisa juga dengan menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898. Setelah mendapat informasi, pelanggan masuk daftar recall bisa langsung melakukan booking jadwal, dan datang ke bengkel sesuai waktu yang telah ditentukan.

Mendukung program recall ini, Daihatsu kerahkan total 162 bengkel resmi di seluruh Indonesia,  untuk menyambut pelanggan melakukan perbaikan pada komponen model Rocky, GranMax, dan Luxio tadi. 

After Sales Service & Logistic Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Lili Herman mengatakan, program ini merupakan komitmen Daihatsu dalam usaha menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan lewat layanan after sales.

“Daihatsu siap menyambut pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall tadi. Silahkan untuk dapat membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel resmi Daihatsu untuk dilakukan perbaikan. Supaya dapat beraktivitas lebih aman, dan nyaman,” pungkas Lili.


(uda)