Dari Cruiser Jadi Boardtracker, Inilah Transformasi Honda Tiger Milik Kaji Edan

Honda Tiger milik Kaji Edan yang dimodifikasi oleh Agus Sudariswanto dan Darizt Design, Yogyakarta (Foto: Darizt Design)
Honda Tiger milik Kaji Edan yang dimodifikasi oleh Agus Sudariswanto dan Darizt Design, Yogyakarta (Foto: Darizt Design)

Autogear.id - Darizt Design, bengkel custom asal Yogyakarta ini namanya begitu populer di kalangan custom culture Tanah Air. Beberapa waktu lalu mereka kembali membuat sebuah karya custom, yang bikin orang berdecak kagum. Apa itu?

Bengkel custom yang digawangi Agus Sudariswanto ini melakukan modifikasi motor Honda Tiger tahun 2005. Dia diberi amanah, kepercayaan oleh sang pemilik motor tersebut, untuk mengubah tunggangan yang awalnya bergaya Cruiser menjadi Boardtracker.

Siapa sang pemilik motor itu? Dia adalah Kaji Edan, pemilik nama asli Onny Hendro Adhiaksono. Sosok yang menetap di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini juga menjadi salah satu yang populer di kalangan otomotif Indonesia. Karena memiliki banyak koleksi roda dua dan roda empat.

embed
 
Sejumlah koleksi Kaji Edan tak jarang mendapat tumpahan sorotan dari netizen. Antara lain mobil mewah yang dibalut livery ciri khas dari sebuah angkutan kota, Metro Mini. Dan yang terbaru dipertontonkan Kaji Edan, adalah motor custom yang dibawanya beraksi pada ajang Kustomfest 2020.

Sebenarnya apa sih yang bikin menarik dari motor Kaji Edan garapan bengkel Darizt Design ini? Jika biasanya motor Boardtracker identik dengan motor balap klasik. Menggunakan handel bar yang membuat pengendara berada pada posisi merunduk, Agus coba melakukan penyesuaian guna empunya motor mendapatkan posisi nyaman ketika mengendarainya.

Darizt Design mencomot mesin seri GL200 untuk disematkan pada Macan milik Kaji Edan ini. Sementara untuk frame, tangki bahan bakar dan beberapa peranti pendukung lain dibuat secara handmade. Melirik bagian kaki-kaki, suspensi depan menggunakan tipe girder. Sedangkan pada suspensi belakang dibuat monoshock, diletakkan pada posisi tengah frame.

embed

Menyentuh ranah kelistrikan, seperti aki dan lainnya, Agus menempatkan boks di belakang suspensi. Demi mendapatkan detail yang rapi, beberapa kabel sengaja disembunyikan di dalam frame. Disamping itu, kelir mesin yang awalnya berwarna silver, diputuskan mendapat sentuhan baru berbalut warna hitam dan chrome. Sebagai motor untuk dipakai jalan, Darizt Design tetap menggunakan lampu depan belakang, sein dan plat nomor.

Spesifikasi
Frame / sasis
Tipe : Boardtrack softail
Frame builder : Darizt Design produksi tahun 2020

Mesin
Tipe motor : Honda Tiger
Tipe mesin : GL200
Kapasitas  : 200cc produksi tahun 2005

embed

Roda, Suspensi & Pengereman
Roda depan & belakang : Kawasaki KLX 150
Ban depan & belakang : Swallow ring 21
Sistem suspensi : Custom
Sistem pengereman : Hidrolik

Pipes & Exhaust
Exhaust System Pipes : Darizt Design
Exhaust System Material : Steel

Body Works & Painting 
Material Body Works : Candy tone orange
Body Works & Painting Artist : Darizt Design
Material Painting : Duco


(acf)