Tes Pra Musim World Supersport 600

Kenan Sofuoglu Icip-Icip MV Agusta 800 di Tes Pra Musim WSSP di Jerez

Kenan Sofuoglu ikut ngetes Mv Agusta karena saudaranya terdeteksi Covid-19 dan pihak tim mengizinkan Ia melakukan itu. WorldSBK IG
Kenan Sofuoglu ikut ngetes Mv Agusta karena saudaranya terdeteksi Covid-19 dan pihak tim mengizinkan Ia melakukan itu. WorldSBK IG

Autogear.id - Sesi tes pra musim untuk kategori World Superbike dan World Supersport 2022 sudah mulai berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol sejak Rabu (26/1/2022 kemarin. Saudara dari pembalap legenda dan 5 kali menggondol titel juara dunia di kelas ini yaitu Kenan Sofuoglu pun kembali ke lintasan menggunakan MV Agusta F3 800. 

Namun ini bukan menjadi penanda bahwa Ia akan kembali membalap full musim dan bertarung bersama pembalap yang lebih mudah dari sisi usia. Pembalap asal Turki itu mengaku bahwa Ia turun di sesi tes pra musim lantaran sebagai pembalap pengganti untuk saudaranya yaitu Bahattin Sofuoglu terdeteksi mengidap Covid-19.

Ini menjadi kali pertama bagi sang juara dunia 5 kali WSSP itu menunggangi MV Agusta. Ia pun mengaku sangat senang, lantaran ini menjadi kesempatan pertama baginya menunggangi motor Italia itu di lintasan balap dan dengan spesifikasi kompetisi. 

"Sangat senang tentunya, karena ini menjadi kesempatan pertama saya melakukan pengetesan motor ini. Memang saya sudah lama ingin melakukan pengetesan motor Italia ini dan sekarang momentumnya ada," klaim Kenan kepada Speedweek.

Baca Juga:
Nama Galang Hendra Tak Ada di WSSP 2022, Kembali Balap Bebek?

Ia juga mengatakan bahwa beberapa musim saat Ia masih aktif balapan di kelas WSSP, Ia mengaku sempat dekat ke tim MV Agusta dan nyaris menandatangani kerja sama sebagai pembalapnya. Meski akhirnya tak pernah kejadian, namun Ia girang bisa bertarung ketat dalam beberapa momen bersama pembalap MV Agusta seperti Jules Cluzel.

Sesi tes ini pun sekaligus menjadi misi khusus baginya, lantaran posisinya bukan hanya sebagai pembalap pengganti. Kenan adalah mentor dari pembalap yang Ia gantikan selain sebagai saudaranya. Ia juga menjadi mentor Can Oncu yang bernaung di tim Pucetti Kawasaki. Selain itu, Ia juga masih jadi mentor dari Toprak Razgatioglu yang diprediksi bakal membalap di kelas MotoGP 2023 nanti.

Adapun sesi tes yang Ia jalani bersama tim ini hanya akan berlangsung sekali saja. Setidaknya ini bisa membantunya dalam memberikan arahan yang lebih tepat jika Bahattin memang sudah siap balapan nantinya.


(uda)