Civic Type R Limited Edition, Safety Car Anyar WTCR 2020

Honda Civic Type R Limited Edition terpilih sebagai safety car WTCR 2020. honda
Honda Civic Type R Limited Edition terpilih sebagai safety car WTCR 2020. honda

Autogear.id: Honda Civic Type R Limited Edition dipercaya sebagai safety car pada kejuaraan World Touring Car Cup (WTCR) 2020 yang akan berlangsung sebanyak 6 enam putaran di Eropa. Putaran perdana WTCR 2020 dimulai di Salzburgring, Austria pada tanggal 12 - 13 September 2020 mendatang.

Terpilihnya Honda Civic Type R Limited Edition menjadi safety car juga bukan tanpa alasan, kendaraan ber-DNA sport Honda tersebut memiliki mesin VTEC Turbo 2.0 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 320 PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak 400Nm. Honda Civic Type R Limited Edition dapat berakselerasi dari kecepatan 0 - 100 km/jam dalam dalam waktu 5,7 detik. 

Promotor WTCR menyatakan, Honda memiliki sejarah yang panjang dalam kompetisi FIA World Touring Car. Hal ini juga yang menjadi alasan promotor untuk mempercayakan mobil sport pabrikan Jepang tersebut sebagai safety car. 

"Komitmen jangka panjang Honda dalam kategori ini tidak ada duanya, sehingga kami senang menyambut Honda sebagai mitra baru menjadi Safety Car resmi dari FIA World Touring Car Cup dengan Civic Type R Limited Edition-nya," ujar Head of Eurosport Events, Francois Ribeiro. 

Type R Limited Edition akan membawa corak baru bagi WTCR 2020 dengan warna ‘Sunlight Yellow'. Performa di lintasan akan juga didukung dengan velg BBS ukuran 20 inci, ban Michelin Pilot Sport Cup-2, damper yang telah dimodifikasi, serta 2 buah floating brake disc.

Interior strip-back limited edition pada Type R Limited Edition juga berkontribusi mengurangi 47 kg bobotnya dibandingkan dengan Type R GT. 

Setelah diluncurkan pada bulan Februari di JAS Motorsport Milan, Civic Type R Limited Edition adalah salah satu dari dua varian baru yang akan ditambahkan pada jajaran Type R untuk tahun 2020 sebagai versi ekstrim dari model ikonik tersebut.


(uda)