Autogear.id: Sejarah mobil sport selalu menarik untuk disimak. Dalam industri otomotif global, hampir semua brand memiliki ikon mobil sportnya masing-masing, namun dari sederat mobil sport yang beredar hanya sedikit yang bisa dianggap ikonik bahkan legendaris. 

Salah satu mobil sport yang cukup menempel di benak para car enthusiast dunia salah satunya adalah pabrikan Jepang, Nissan GT-R. Sebagai informasi, lahirnya Nissan GT-R nyatanya harus melewati proses evolusi panjang sebelum akhirnya memiliki karakter kuat seperti sekarang. 

Membahas sejarah GT-R, awalnya pada Februari 1969 semua pabrikan berlomba mengkombinasikan teknologi-teknologi terbaiknya. Nissan pun menciptakan Skyline 2000GT-R, mobil touring dengan performa tangguh yang sukses di ajang balapan domestik di Jepang dengan memenangkan 52 kejuaraan dalam kurun waktu tiga tahun. 

Kemudian, sosok mobil dengan DNA mobil balap murni dihadirkan lewat Nissan (Prince) R380 dengan mengusung mesin DOHC empat katup dan suspensi independen pada setiap roda yang kemudian menjadi bagian penting saat mobil ini melahap lintasan sirkuit. 

Model ini meraih kemenangan pertamanya pada 3 Mei 1969, di balapan TS-b dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway. Kemudian, di Oktober pada tahun yang sama, GT-R menorehkan kemenangan ketujuhnya, sistem injeksi bahan bakar kemudian diadopsi. Mendorong output maksimum ke 230PS/8.400rpm ini membuat Skyline semakin unggul di sirkuit.

Dua tahun kemudian, di balapan All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R ditambahkan ke dalam formasi. Kemenangan ke-50 yang bersejarah diraih pada 20 Maret 1972, pada ronde pertama Fuji GC Series, yakni balapan Fuji dengan kecepatan 300km.

Karena angin kencang dan hujan lebat, balapan dipersingkat dari 20 putaran menjadi 12 putaran. Kala itu mobil nomor 15, GT-R yang dikendari oleh K. Takahashi, meraih posisi pertama. Kesuksesan ini terus berlanjut, GT-R kerap menempati posisi teratas dalam berbagai balapan touring lokal di Jepang. 

Saking ikoniknya Nissan GT-R, model ini terus mendapatkan popularitas dari penggemar sports car dunia. Bahkan beberapa model GT-R telah muncul dalam seri video game yang masih berlanjut, seperti ‘Need For Speed’. 

Puluhan versi GT-R yang berbeda muncul dalam game simulator balapan yang revolusioner ‘Gran Turismo’ sebagai mobil virtual. Tak hanya itu, baik GT-R maupun Skyline juga pernah ditampilkan dalam franchise film yang sangat populer, yaitu ‘Fast and Furious’.


(uda)