Musim Hujan, Ini 4 Komponen Mobil yang Wajib Diperhatikan!

Foto: MMKSI
Foto: MMKSI

Autogear.id - Jelang akhir tahun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi. Data menyebutkan, sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan mulai memasuki musim hujan

Dalam kaitannya dengan berkendara mobil, kondisi hujan sangat perlu diperhatikan. Selain berimbas pada jalanan yang licin, visibilitas pengendara juga cenderung berkurang. 

Oleh karena itu, mobil perlu dipersiapkan dalam kondisi maksimal. Upaya menghadapi kondisi musim hujan, dengan intensitas rendah maupun tinggi. 

“Selama musim hujan, diharapkan konsumen lebih mempersiapkan kondisi kendaraannya”, ungkap Boediarto, GM After Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). 

BACA: Cara Merawat Wiper, Komponen Kecil yang Punya Peranan Penting di Mobil

Menurutnya sangat penting, lantaran pengguna akan mengandalkan kondisi kendaraannya. Termasuk komponen vital, seperti wiper, aki, ban, rem, dan kelistrikan.

Adapun persiapan yang dilakukan antara lain memeriksa komponen penting tadi, yang terdapat pada mobil. Agar dalam kondisi hujan dapat digunakan secara optimal. 

Berikut, Autogear.id merangkum tips beberapa komponen mobil yang dapat dicek dan diperhatikan, sebagai persiapan matang berkendara di musim hujan.

1. Wiper

Seperti diketahui, fungsi wiper adalah menyapu air hujan dari kaca mobil, agar visibilitas pengemudi tetap terjaga ketika berkendara. 

Pengecekan wiper menjadi hal wajib. Misalnya memeriksa kondisi karetnya, jika sudah keras, sebaiknya diganti. Supaya mampu menyapu air dari kaca depan mobil dengan baik. 

Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih, agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lain.

2. Ban Mobil

Ban sebagai komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan jalan. Maka hendaklah mewaspadai kondisi ban, ketika berkendara di permukaan basah dan licin. Supaya mobil tak kehilangan traksi atau tergelincir.

Perhatikan alur ban. Jika permukaan dan alur ban sudah tipis atau botak, segera ganti ban baru. Cek juga tekanan angin ban, dan pastikan sesuai petunjuk pabrikan. Pengemudi bisa mengeceknya pula di label sebelah pintu driver.

BACA JUGA: Tips Agar Ban Mobil Awet dan Tahan Lama

3. Rem

Komponen pengereman wajib dicek secara berkala. Demi memastikan keamanan berkendara, terutama di musim penghujan. Seperti kita tahu, jarak pengereman kendaraan di musim hujan lebih panjang, dibanding kondisi jalanan kering. 

Perawatan yang dapat dilakukan adalah memeriksa kampas rem. Jika terdengar bunyi decit dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

4. Kelistrikan Mobil

Lampu menjadi salah satu komponen vital, untuk membantu visibilitas pengemudi serta kendaraan lain, ketika mengendarai mobil dalam kondisi hujan lebat. 

Pastikan seluruh lampu mobil, baik depan maupun belakang, berada dalam kondisi baik. Kemudian yakinkan fungsi kelistrikan yang utama di mobil, semuanya beroperasi dengan baik.

Sebut saja mulai dari meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja, dan lainnya. Walaupun pada mobil-mobil sekarang, kabel kelistrikan yang terletak pada ruang mesin umumnya sudah dibekali soket anti air. 

“Kendati demikian, pengecekan tetap diperlukan. Untuk memastikan kabel dalam keadaan baik dan tidak terkelupas, akibat gigitan hewan, atau penyebab lainnya”, kata Boediarto. 

Ia melanjutkan, bengkel-bengkel resmi Mitsubishi sekarang juga menggelar program ‘Rainy Campaign’. Paket perawatan mobil Mitsubishi, agar tetap prima dalam menyambut musim penghujan. 
Periodenya berlangsung sejak 1 Desember 2021 - 31 Januari 2022, di seluruh dealer resmi Mitsubishi Motors berfasilitas 3S. ‘Rainy Campaign’ diperuntukkan para pemilik Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Outlander Sport dan Mirage.


(acf)