Jelang Seri Assen, Galang Termotivasi Raih Poin buat Ten Kate Racing

Foto: Ten Kate Racing/IG Galang
Foto: Ten Kate Racing/IG Galang

Autogear.id - Seri ke-5 balap dunia World Supersport (WorldSSP) akhir pekan ini akan berlangsung di sirkuit TT Assen Belanda (24-25/7). Putaran Assen ini menjadi spesial bagi pembalap Tanah Air Galang Hendra Pratama. Pasalnya trek sirkuit TT Assen dekat dengan markas timnya Ten Kate Racing, di Nieuwleusen, dekat Zwolle, sebelah utara Belanda.

Dukungan kedekatan secara fisik dan psikologis menjadi salah satu motivasi kuat Galang Hendra tampil optimal dalam meraih poin. Termasuk berupaya meningkatkan posisi klasemen dalam standing point.

Saat ini pembalap berusia 22 tahun binaan Yamaha Racing Indonesia tersebut berada di posisi ke-17 dengan tabungan 12 poin klasemen sementara WorldSSP. Galang finis terbaik ke-10 dalam race ke-2 di seri Aragon, Spanyol.

Kendati demikian, peluang masih terbuka lebar bagi pembalap asal Yogyakarta ini mengoptimalkan potensi yang dimiliki motor Yamaha YZF-R6 nya untuk mendongkrak peringkat. Mengingat WorldSSP TT Assen Belanda belum separuh dari perjalanan seri pada musim ini yang rencananya akan digelar 13 putaran. 

Perlu diketahui, Galang lumayan akrab dengan lintasan Assen, ketika masih berkompetisi di WorldSSP300 tahun 2019 dengan tim Semakin Di Depan ‘Moto X Racing’. Kala itu Galang finis ke-19, di antara 34 starter yang bersaing. 

Sedangkan tahun 2020 lalu, WorldSSP Assen memang tidak terselenggara, karena terkendala pandemi Covid-19.

“Saya sangat menantikan balapan seri ke-5 di Assen, Belanda, karena ini adalah home race-nya tim Ten Kate Racing. Saya memiliki memori baik tentang trek ini, karena saya berada di pole position di kelas World Supersport 300 pada tahun 2019 lalu,” ungkap Galang.

Menurutnya Assen memiliki trek cukup menantang, untuk dilibas menggunakan YZF-R6. Di mata Galang, karakter sirkuit ini pada sektor pertama sedikit lebih stop-and-go, dan sektor lainnya lebih banyak rolling. 

“Semoga cuaca di Assen tetap stabil, walaupun itu selalu tidak terduga. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil sepuluh besar,” ungkapnya tetap penuh semangat.


(acf)